Rabu, 04 Januari 2017 07:30 WIB

Presiden Korsel Sangkal Berbagai Tuduhan Bersalah

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Korea Selatan (Korsel), Park Geun-hye, memecah sebulan membisu atas tuduhan keterlibatannya dalam skandal korupsi.

Dia secara terbuka menyangkal berbagai tuduhan bersalah dan menegaskan semua tudingan terhadapnya itu salah dan dibuat-buat.

Park juga menyangkal tuduhan bahwa dia memerintahkan otoritas untuk mendukung merger dua perusahaan afiliasi Samsung pada 2015. Saat ini, merger tersebut menjadi sasaran investigasi.

“Itu seluruhnya direkayasa,” kata Park, dikutip media lokal.

Park sedang diinvestigasi atas beberapa tuduhan bahwa dia memberi imbalan pada perusahaan besar yang menyumbang dana ke yayasan yang dikontrol temannya, Choi Soon-sil. Park menyangkal bahwa Choi dibiarkan mengambil keuntungan dan memiliki pengaruh besar dalam urusan negara.

Ini penampilan pertama Park di depan media lokal sejak voting pemakzulan oleh parlemen pada 9 Desember lalu. Nasib Park kini berada di tangan para hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang memiliki waktu 180 hari untuk mengabulkan atau menolak pemakzulan tersebut.

Park terakhir kali muncul ke publik pada 29 November saat menyatakan dia siap mundur jika parlemen sepakat membuka jalan untuknya agar melepas jabatan.

Para partai oposisi menolak tawaran itu dan memilih langkah voting pemakzulan terhadap Park. Voting itu mendapat dukungan dari oposisi dan anggota partai berkuasa, Saenuri.

Kini MK mulai memeriksa argumen semua pihak terkait pemakzulan tersebut. Sebelumnya Park menyangkal bersalah dalam skandal tersebut.

Meski demikian, dia meminta maaf atas kelalaiannya dalam menjalin pertemanan dengan Choi. Adapun Choi juga menyangkal bersalah. Saat ini Choi telah ditahan dan menjalani proses pengadilan.

Park juga menjelaskan, keputusan Dana Pensiun Nasional untuk mendukung merger antara dua perusahaan afiliasi Samsung Group itu hanya kebijakan yang dibuat demi kepentingan nasional.

Dia menyangkal bahwa keputusan itu didukung banyak perusahaan broker saat itu. “Saya tidak memiliki pikiran untuk membantu siapa pun dan pikiran itu tak pernah melintas di benak saya. Ini bukan tempat untuk menjelaskan kepada Anda semua rinciannya, tapi yang dapat saya jelaskan sekarang ialah saya tidak melakukan apa pun untuk mendukung siapa pun atau berkolusi dengan siapa pun untuk melakukan itu,” paparnya, dikutip kantor berita Reuters.(exe/ist)
0 Komentar