Selasa, 10 Januari 2017 12:41 WIB

Menhub Serahkan KSOP Pelabuhan Kali Adem ke Pemprov DKI

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Rajaman
Menhub Budi Karya Sumadi di Sela-sela Peresmian Penyerahan Pengelolaan Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kali Adem. (Dok) Riyan Suryadi)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, pengelolaan Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kali Adem, Jakarta Utara akan segera diserahkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Menurut Budi, dalam satu bulan akan full di bawah DKI. Namun Kementerian menyiapkan tenaga manajerial dalam pengelolaan pelabuhan.

"Akan kami bantu dalam hal safety dan manajerial, sedangkan DKI memiliki kemampuan finansial dan sumber daya manusia yang luar biasa," ujar Budi, usai resmikan kapal Express Bahari, di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa (10/1/2017). 

Sementara itu Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono menyambut baik langkah cepat dan responsif Kemenhub atas insiden terbakarnya kapal motor Zahro Expres pada Ahad, 1 Januari 2017. Sebanyak 24 orang dari 192 orang penumpang meninggal karena terbakar dan tenggelam.

Menurut Sumarsono, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah lama menunggu beroperasi armada dari PT Pelni untuk membantu transportasi masyarakat Jakarta yang ingin menuju Kepulauan Seribu.

"Ini langkah yang kami tunggu. Masyarakat membutuhkan sarana dan prasarana yang aman, nyaman, dan lebih baik," kata Sumarsono. 

Diketahui, Peresmian pelayaran perdana KM Expres Bahari 3B hari ini adalah langkah awal bagi Pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dan pelayanan publik yang akan menyeberang menuju Kepulauan Seribu dari Pelabuhan Sunda Kelapa.

KM Expres Bahari 3B mampu menampung manifes sebanyak 200 orang dengan standar keamanan yang memadai seperti life jacket, sekoci, dan rakit. Selanjutnya, Pemerintah akan menyiapkan empat sampai enam kapal sejenis yang akan memenuhi rute Sunda Kelapa-Pulau Tidung.