Jumat, 13 Januari 2017 19:04 WIB

DPR Minta Agar TKA Ilegal Asal Cina Segera Dideportasi

Editor : Rajaman
Anggota Komisi IX DPR Irma Suryani Chaniago

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago mengecam ulah tenaga kerja asing (TKA) ilegal asal Cina yang kerap bikin ulah.

Irma menegaskan, ulah TKA Cina yang melawan saat didata petugas imigrasi kabupaten Bogor merupakan tindakan melanggar hukum.

"Melanggar regulasi, tangkap, deportasi dan agennya penjarakan. Agen atau orang yang bawa masuk TKA ilegal, tangkap dan penjarakan biar kapok dan TKA ilegalnya langsung deportasi," kata Irma di gedung DPR, Jumat (13/1/2017).

Menurutnya, ulah TKA asal Cina tersebut sangat tidak patut.

"Sangat tidak pantas! Makanya saya bilang tangkap dan penjarakan karena menyerang petugas ! TKAnya sendiri proses untuk deportasi," tegas politikus Nasdem ini.

Irma tak menampik kebenaran berita tentang keberadaan TKA ilegal asal Cina di Indonesia.

"Yang dikatakan hoax itu yang bilang adalah yang 10 juta," kata dia.

Meski demikian, Irma mengatakan bahwa keberadaan TKA ilegal tak hanya terjadi di Indonesia saja.

"Di seluruh dunia banyak TKA ilegal. Di Amerika saja banyak. Mereka lebih suka jalan pintas, orang kita masih banyak yang tidak suka keteraturan dan kedisiplinan termasuk para pejabat," sindirnya.

Menurutnya, persoalan ini sudah bukan hal baru lagi dan seringkali DPR mengingatkannya.

"Ini yang saya protes pada pemerintah sejak zaman Orde baru sampai saat ini perhatian pemerintah sangat kurang pada penyiapan kemampuan SDM, padahal devisa yang dihasilkan sangat besar membantu pemerintah," pungkas dia.