Kamis, 19 Januari 2017 19:01 WIB

Rolls-Royce Akui Suap Pihak Garuda Indonesia

Editor : Rajaman
Mesin pesawat buatan Rolls-Royce (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Perusahaan raksasa penyedia mesin Rolls-Royce meminta maaf setelah diketahui melakukan suap berupa mobil mewah dan jutaan poundsterling kepada pihak-pihak di enam negara, termasuk China, Rusia dan Indonesia.

"Meminta maaf tanpa syarat untuk pelaksanaan yang telah ditemukan," kata pihak Rolls-Royce yang dibacakan di pengadilan, di London seperti dikutip The Guardian, Kamis (19/1/2017), .

Dalam hasil yang ditemukan pihak berwenang di Inggris, pihak Rolls-Royce memberi suap USD2,25 juta dan mobil Rolls-Royce Silver Spirit kepada salah satu individu untuk mengubah dan mempengaruhi kontrak dengan Rolls-Royce terkait penyediaan mesin jet Trent 700 bagi Garuda Indonesia.

Berdasarkan temuan lembaga antikorupsi Inggris, Serious Fraud Office (SFO) tersebut, Rolls-Royce pun memberi suap kepada rival untuk tidak mengikuti penawaran demi pengamanan kontrak Rolls-Royce.

Tak hanya itu, di Thailand Rolly-Royce diketahui melakukan suap USD36 juta sepanjang 1991 sampai 2005 untuk penyediaan mesin jet Thai Airways.

Setelah terbukti, Rolls-Royce meminta maaf dan berniat menyelesaikannya secara damai. Pengadilan Inggris akhirnya menyetujui penyelesaian kasus antara SFO dengan Rolls-Royce dalam bentuk pembayaran ganti rugi.

Nilai ganti rugi yang ditetapkan yakni 671 juta Pound, atau sekitar Rp11 triliun.

Sementara itu, dilansir dari Telegraph, Rolls-Royce mempengaruhi Garuda Indonesia untuk membeli mesin Trent 700 buatan mereka yang digunakan pada pesawat Airbus tipe A330.


0 Komentar