Jumat, 20 Januari 2017 16:18 WIB

Pilgub DKI 2017, Anies Targetkan Suara di Atas 35 Persen

Editor : Hermawan
Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan perolehan suara di atas 35 persen pada Pilgub DKI 2017, yang akan dihelat pada 15 Februari 2017.

"Kami optimistis, Insha Allah bisa mencapai target pada 15 Februari besok. Targetnya di atas 35 persen, Insha Allah," kata Anies menanggapi pertanyaan wartawan tentang hasil survei yang dirilis PolMark Indonesia di Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Wartawan kemudian bertanya apakah Anies tidak yakin akan memenangi Pilgub DKI 2017 dalam satu putaran, sehingga menargetkan perolehan suara hanya di atas 35 persen.

Pilgub DKI 2017 akan berlangsung satu putaran apabila salah satu pasangan calon mendapatkan perolehan di atas 50 persen dari total suara pemilih.

"Di atas 35 persen bisa saja 51 persen, bisa juga 52 persen kan?" jawabnya kemudian tersenyum.

Anies menuturkanb lebih memilih bersikap rendah hati dalam menanggapi pertanyaan tentang optimisme memenangi Pilgub DKI 2017 dalam satu putaran.

"Lebih baik kami rendah hati, tapi kerja keras daripada tinggi kata-kata, tapi kemudian jadi kekecewaan. Insya Allah," ucap Anies.

Hasil survei PolMark Indonesia menyebutkan potensi keterpilihan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang paling tinggi dibandingkan pasangan calon lainnya.

Potensi keterpilihan Anies-Sandiaga mencapai 31,7 persen, disusul Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni (Agus-Sylvianan) sebersar 29,9 persen.

Dan, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) sebesar 24,6 persen. Responden yang belum memutuskan mencapai 13,8 persen.

Pilgub DKI 2017 akan diikuti tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Yaitu: Agus-Sylviana yang diusung Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN.

Ahok-Djarot yang diusung PDIP, Partai Golkar, Partai Hanura dan Partai Nasdem.

Dan, Anies-Sandiaga yang diusung Partai Gerindra dan PKS. (ist)