Rabu, 25 Januari 2017 12:06 WIB

Pedagang Pasar Senen Minta Direlokasi ke Pelataran Parkir

Reporter : Sriyanti Lumban Gaol Editor : RB Siregar
Blok I dan II Pasar Senen terbakar, pedagang minta direlokasi ke pelataran parkiran.(dok/ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pedagang Blok I dan II Pasar Senen yang kiosnya terbakar, 19 Januari lalu, berharap bisa direlokasi ke pelataran atau parkiran pasar. Menurut mereka tempat itu lebih strategis serta tidak menggganggu arus lalulintas.

Guna membahas keinginan pedagang itu, Pembina Persatuan Pedagang Pakaian Bekas Seluruh Indonesia (PPPBSI) Marihot Sitompul, Rabu (25/1/2017), menjelaskan,  pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi dengan Wali Kota Jakarta Pusat, Polres Jakarta Pusat serta TNI.

"Pelataran atau parkiran pasar  lebih strategis dan tidak mengganggu arus lalulintas," jelas Marihot Sitompul. 

Kendati demikian, lanjut Sitompul, hingga saat ini pihaknya belum mendapat jawaban apapun terkait hasil rapat koordinasi tersebut, terutama dari  pengelola gedung yaitu PT Pembangunan Jaya.

"Kami justru kecewa, banyak pedagang dari luar seperti blok III dan Kemayoran memanfaatkan situasi sulit ini. Mereka berjualan di Jalan Raya Pasar Senen dan terkadang sampai mengganggu  lalulintas jalan," kata Sitompul.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengatakan, aspirasi pedagang untuk direlokasi ke pelataran atau parkiran pasar sudah diterima. 

Namun, lanjut Wakil Walikota, keputusan untuk menyetujui usulan itu ada di tangan pengelola gedung, yakni PT Pembangunan Jaya.

"Lokasi parkir yang diusulkan pedagang juga dikhawatirkan tak bisa menampung seluruh pedagang. Saat ini, skenario penampungan sementara pedagang korban kebakaran masih difokuskan di blok V Pasar Senen.Tempat masih dibersihkan dan dirapikan untuk pedagang. Kami berharap secepatnya bisa ditempati," kata dia.