Kamis, 26 Januari 2017 14:01 WIB

Ketua DPR: Pengelolaan Haji Harus Profesional Biar Murah

Editor : Rajaman
Calon jamah haji (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ketua DPR Setya Novanto mengatakan, pengelolaan dana haji harus dilakukan secara profesional dan benar sehingga dapat membuat ongkos naik haji lebih murah. Ke depan, kualitas pelayanannya juga semakin lebih baik.

"Jika dana haji yang sudah terkumpul lebih dari delapan trilun dapat dikelola secara profesional, ongkos naik haji akan lebih murah," kata Novanto dalam keterangan pers, Kamis (26/1/2017).

Menurutnya, dengan dikelola secara efektif dana haji dapat digunakan untuk keperluan yang paling mendesak dalam penyelenggaraan haji.

"Dana yang dapat dikelola dan dikembangkan dapat dipergunakan untuk membeli pesawat sendiri atau membuat apartemen sendiri di Arab Saudi. Jika ini dilakukan pasti dapat mengurangi ongkos haji, karena sekitar 40 % biaya haji digunakan untuk transportasi," tegasnya.

Lebih lanjut, Novanto mengharapkan pemerintah segera melakukan langkah strategis terkait hal itu. Ini mengingat, negara-negara lain sudah melakukan dengan baik dalam pengelolaan dana haji.

"Malaysia merupakan salah satu contoh negara yang berhasil mengelola dana haji dengan baik sehingga dapat mengurangi ongkos haji. Kita harus yakin bisa lebih baik," ucapnya.

Oleh karenanya, Ketua Umum Partai Golkar ini setuju dengan pembentukan badan pengelolaan keuangan haji (BPKH) yang diamanahkan UU segera direalisasikan.

"Kita siap mengawal serta meminta agar pemerintah konsisten menjalankan amanat tersebut UU tersebut," ujarnya.


0 Komentar