Kamis, 26 Januari 2017 16:07 WIB

Patrialis Kena OTT KPK, KY Kecewa

Editor : Rajaman
Farid Wajdi (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Komisi Yudisial (KY) manyatakan kecewa adanya kabar operasi tangkap tangan (OTT) yang menjerat Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Patrialis Akbar oleh KPK. 

Juru bicara KY Farid Wajdi mengatakan, peristiwa itu kembali mencoreng integritas profesi hakim di tengah upaya banyak pihak membenahi dunia peradilan.

"Peristiwa ini harus menjadi pelajaran dan masukan evaluasi bagi kita semua mengingat kejadian ini bukan yang pertama," kata Farid saat dihubungi, Kamis (26/1/2017).

Menurut Farid, terdapat hal mendasar yang harus diperbaiki dalam praktik penyelenggaraan peradilan, dimana kekuasaan yang tanpa kontrol berpotensi untuk menjadi penyelewengan, tidak terkecuali pada ranah yudikatif.

Dia mengatakan, melalui momentum ini KY juga menyerukan kepada seluruh pihak untuk kembali mendengarkan suara publik dan apa yang disuarakan oleh masyarakat. Reformasi yang sebenarnya adalah perbaikan yang telah menyentuh masalah dasar, yaitu integritas.

Selain integritas sendiri merupakan kewajiban, juga pada dasarnya pengawasan tidak tidur dan terus berjalan dalam berbagai bentuk.

KY juga mengajak kepada seluruh pihak untuk kembali melihat arah reformasi peradilan kita, dengan merujuk pada seluruh peristiwa yang belakangan terjadi tidak kah ada sesuatu yang patut dikoreksi.

"Tidak untuk tujuan apa pun kecuali demi peradilan yang lebih bersih," katanya.


0 Komentar