Jumat, 27 Januari 2017 15:23 WIB

Antisipasi Lonjakan Penumpang Libur Imlek, PT KAI Operasikan 11 KA Tambahan

Reporter : Sriyanti Lumban Gaol Editor : Hermawan
Ilustrasi

JAKARTA, Tigapilarnews.com – Mengantisipasi lonjakan umlah penumpang kereta api (KA) jelang liburan imlek, Sabtu (28/1/2011) besok, PT KAI Daop 1 Jakarta mengoperasikan 11 KA tambahan.

KA tambahan tersebut terdiri dari 9 KA kelas eksekutif yang berangkat dari Stasiun Gambir, dan 2 KA kelas ekonomi yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

Kota tujuan yang menjadi favorit moda transportasi KA, yaitu sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Penjualan tiket meningkat untuk tujuan kedua wilayah tersebut sejak 27-30 Januari 2017.

“Sejumlah KA tambahan tersebut terdiri dari 9 KA kelas eksekutif yang berangkat dari Stasiun Gambir, dan 2 KA kelas ekonomi yang berangkat dari Stasiun Pasars Snen. KA tersebut akan dioperasikan mulai 27-30 Januari 2017.  Sebelas KA tersebut dioperasikan dengan kota tujuan antara lain: Malang, Yogyakarta (1 KA), Solo (2 KA) Surabaya (3 KA), dan Bandung (4 KA),” ujar Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Suprapto di Jakarta, Jumat, (27/1/2017)

Lebih lanjut, Suprapto menjelaskan keberangkatan KA dari Stasiun Gambir Jumat (27/1/2017) telah mencapai seratus persen.

Di antaranya KA Argo Anggrek Pagi dan Malam tujuan Surabaya Pasarturi, Argo Lawu dan Argo Dwipangga jurusan Solobalapan, KA Sembrani tujuan Surabaya Pasarturi, KA Bima dan Gajayana tujuan Malang, KA Taksaka Pagi dan Malam tujuan Yogyakarta, serta KA Purwojaya tujuan Cilacap.

Sedangkan, untuk keberangkatan, pada Sabtu (28/1/2017), KA jarak jauh seperti Argo Dwipangga jurusan Solo, Argo Muria jurusan Semarang Tawang, dan Taksaka pagi jurusan Yogyakarta.

Serta KA jarak pendek seperti KA Argo Parahyangan keberangkatan pukul 05.00 WIB, 08.30 WIB dan 10.15 WIB jurusan Bandung juga sudah habis terjual dan mencapai seratus persen.

Sedangkan, untuk KA Argo Jati jurusan Cirebon, KA Tegal Bahari jurusan Tegal dan KA Purwojaya jurusan Cilacap masih tersedia, itu pun tersisa rata-rata 20 persen saja.

Sementara, untuk KA keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, untuk KA Keberangkatan hari Jumat (27/1/2017) semua KA sudah mencapai 100 persen.

Sedangkan KA untuk keberangkatan hari Sabtu (28/1/2017) untuk KA Fajar Yogyakarta dan KA Gajahwong jurusan Yogyakarta, KA Sawunggalih Pagi dan KA Kutojaya jurusan Kutoarjo, KA Matarmaja, KA Brantas, KA Kertajaya, KA Bengawan, KA Serayu Pagi dan KA Tegal Ekspres sudah habis terjual.

“Daya angkut untuk libur Imlek di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta sekira 34, 060 penumpang setiap hari. Rinciannya, KA Reguler sebanyak 52 perjalanan dengan daya angkut 29.560 penumpang. Sedangkan untuk 11 KA tambahan memiliki daya angkut 4.500 penumpang,” jelas Suprapto

Suprapto mengimbau kepada para penumpang agar menghindari pembelian tiket dari penawaran jasa perorangan karena hal tersebut dapat merugikan konsumen

“Untuk kenyamanan pengguna jasa KA, pastikan reservasi melalui agen atau sejumlah channel resmi yang bekerjas ama dengan PT KAI,” pungkasnya.