Senin, 30 Januari 2017 21:01 WIB

KKP Bahas Kelanjutan Kerja Sama dengan AS

Editor : Rajaman
Susi Pudjiastuti (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti hari ini menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Amerika Serikat (AS) Joseph R Donovan dan membahas tentang pelanjutan kerja sama di bidang perikanan yang telah dilakukan kedua negara.

"Kan banyak kerja sama dengan USAID, dengan NOAA. USAID sekarang kita prioritasnya tentang konservasi laut, sampah laut, terutama plastik di laut," kata Susi di Kantor KKP, Senin (30/1/2017).

Menurut Susi, Indonesia dan Amerika Serikat merencanakan aksi antar-institusi yang berkaitan dengan kelautan, antara lain latihan bersama dan program penyuluhan pencegahan buang sampah ke laut.

Selain itu, dalam "World Ocean Summit 2017" yang akan diselenggarakan di Bali, kedua negara juga akan berdiskusi dengan sejumlah pemilik hotel dan masyarakat untuk tidak membuang sampah ke laut dan melakukan konservasi.

"Kemudian meneruskan advokasi untuk produk-produk perikanan Indonesia. Kan kita sudah banyak insentif dari Amerika seperti pemotongan impor tarif," ujar Susi.

Mengenai latihan bersama dan penguatan riset kelautan, Susi menjelaskan Indonesia-AS juga akan melakukan kegiatan tersebut.

Sementara itu, Dubes Donovan mengatakan Indonesia-AS memiliki kemitraan yang kuat dalam perlindungan sumber daya perikanan serta promosi keamanan dan keselamatan di bidang itu.

Donovan mengapresiasi langkah Susi dalam mencegah penangkapan ikan ilegal serta eksploitasi sumber daya kelautan secara berlebihan.

sumber: antara


0 Komentar