Rabu, 01 Februari 2017 08:38 WIB

AS Bantah Pernyataan Presiden Filipina

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi tentara AS di Filipina. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Kedutaan Besar mereka di Filipina membantah telah menimbun senjata di negara tersebut.

Bantahan ini adalah respon dari pernyataan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. "Kami tidak membangun depot senjata di Filipina," kata Duta Besar AS untuk Manila, Sung Kim saat berbicara di depan Makati Business Club, seperti dilansir Reuters pada Selasa (31/01/2017).

Dia kemudian menyatakan, fasilitas yang akan dibangun adalah untuk menyimpan peralatan guna kepentingan tanggap bencana dan bukan untuk menyimpan senjata.

"Kami tidak bisa membangun pangkalan apapun di Filipina tanpa adanya persetujuan dari pemerintah Filipina dan fasilitas itu tidak terkait dengan senjata jenis apapun," sambungnya.

Duterte kemarin menuduh AS menempatkan stabilitas Asia berada dalam risiko dengan mengerahkan senjata permanen di negaranya. Dia bahkan curiga, salah satu senjata yang ditempatkan secara permanen adalah senjata nuklir.

Duterte memprotes keras dan menegaskan tidak akan memberikan izin. ”Mereka bongkar senjata di Filipina sekarang. Saya sampaikan pemberitahuan kepada Angkatan Bersenjata AS. Jangan lakukan itu, saya tidak akan mengizinkannya,” kata Duterte.

Pernyataannya muncul setelah Pentagon menyampaikan persetujuan penggunaan gudang baru, landasan pacu dan barak untuk menyimpan senjata di tiga provinsi di Filipina di bawah perjanjian pertahanan kedua negara.

Duterte menuduh pemerintah Donald Trump melanggar kesepakatan dengan membangun persenjataan di negaranya.(exe/ist)