Rabu, 01 Februari 2017 15:54 WIB

Jantung Koroner Ancam Warga Inggris

Editor : RB Siregar
Setiap pekan ada 12 Warga Inggris mati mendadak karena jantung koroner.(ist)

LONDON, Tigapilarnews.com - Diperkirakan sebanyak 620.000 orang Inggris mengalami kerusakan gen jantung yang menjadikan  mereka rentan terserang penyakit jantung koroner, bahkan kematian mendadak.

Sebagian besar dari mereka, tidak menyadari hal itu. Padahal, berbagai lembaga terkait sudah memperingatkan bahaya penyakit tersebut.

The British Heart Foundation mengatakan,  angka itu naik 100.000 lebih dari yang telah diperkirakan sebelumnya, bahkan bisa lebih.

Sekarang ada pemahaman yang lebih baik dari prevalensi kondisi warisan penyakit jantung koroner. 

Seorang anak dari seseorang yang memiliki warisan jantung koroner memiliki potensi sebesar 50% mewarisi penyakit mematikan itu.

Yayasan ini sudah memperingatkan bahwa angka keseluruhan bagi mereka dengan gen yang rusak bisa jauh lebih tinggi karena banyak gen yang rusak belum terdiagnosis.

Setiap minggu di Inggris, ada 12 orang yang tampak sehat berusia sekitar di bawah 35 tahun, mendadak mati karena serangan jantung. Sebagian besar dari mereka sebelumnya tidak terdiagnosis.

Mantan pemain kriket Inggris dan Nottinghamshire, James Taylor harus pensiun tahun lalu pada usia 26, setelah  didiagnosis dengan kondisi jantung  serius aritmogenik kardiomiopati ventrikel kanan.

Kepada  Today BBC Radio Four, James seperti diukuti bbc.com, Rabu (1/2/2017) mengatakan,  ia telah melakukan pemanasan untuk pertandingan pertama musim ini di Cambridge ketika jantungnya berdegub kencang. Beruntung, dia terselamatkan karena cepat datang ke rumah sakit.

"Ketika saya berjalan  ke rumah sakit, dokter  mengatakan itu  keajaiban karena saya bisa berjalan. Padahal, detak jantung saya hingga 265 denyut per menit. Padahal, normalnya antara 60-100 denyut," kata dia.