Jumat, 03 Februari 2017 06:44 WIB

Trump Jelaskan Alasan Kebijakan Imigrasinya

Editor : Yusuf Ibrahim
Donald Trump. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, membela kebijakannya untuk melarang sementara warga dari tujuh negara Muslim masuk ke negaranya.

Ia mengatakan keputusannya itu penting untuk memastikan kebebasan beragama dan toleransi di AS. Trump mengatakan ia ingin mencegah AS menjadi tempat intoleransi berpijak dan menyebar.

Hal itu diungkapkannya dihadapan para politisi, pemimpin agama dan para tamu termasuk Raja Yordania Abdullah.

"Dunia ini dalam kesulitan, tapi kami akan meluruskan itu, ok. Itulah yang saya lakukan. Aku memperbaiki keadaan," kata Trump dalam sambutannya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (03/02/2017).

Dalam kesempatan itu, Trump mengatakan kekerasan terhadap kelompok agama minoritas harus berakhir. "Semua negara memiliki kewajiban moral untuk berbicara menentang kekerasan tersebut. Semua negara memiliki kewajiban untuk bekerja sama untuk menghadapinya, dan untuk menghadapi itu kejam, jika kita harus," katanya.

Trump mengatakan Amerika Serikat telah mengambil "tindakan yang diperlukan" dalam beberapa hari terakhir untuk melindungi kebebasan beragama di AS, mengacu pada tindakan imigrasi. Trump telah mengatakan langkah itu diperlukan untuk memastikan pemeriksaan yang lebih menyeluruh dari orang yang datang ke AS.

"Bangsa kita memiliki sistem imigrasi yang paling dermawan di dunia. Sangat di sayangkan ada orang yang akan mengeksploitasi kemurahan hati kita, merusak nilai-nilai yang kita pegang," kata Trump.

"Ada orang yang akan berusaha untuk masuk ke negara kita untuk tujuan menyebarkan kekerasan, atau menindas orang lain berdasarkan iman mereka atau gaya hidup mereka. Itu tidak benar. Kami tidak akan membiarkan negara kami menjadi tempat penyebaran intoleransi," katanya.

Trump mengatakan sistem baru pemerintahannya akan memastikan bahwa orang-orang memasuki Amerika Serikat menganut nilai AS termasuk kebebasan beragama.(exe/ist)