Senin, 06 Februari 2017 16:18 WIB

Puting Beliung Terjang Pangkalpinang, Puluhan Rumah Ambruk

Editor : Hendrik Simorangkir
(ist)

Pangkalpinang, Tigapilarnews.com - Puluhan rumah di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, rusak parah setelah diterjang angin puting beliung.

"Rata-rata kerusakan terjadi pada atap rumah jebol dengan tingkat kerusakannya bervariasi mulai dari rusak ringan sampai berat," kata Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Babel, Supardi, Senin (6/2/2017). 

Ia menjelaskan, berdasarkan informasi dan data sementara, jumlah rumah yang rusak akibat angin puting beliung mencapai 40 unit tersebar di Kecamatan Pangkalbalam, Gabek, Air Itam, Gerunggang, Rangkui, Bukit Intan dan Taman Sari.

"Kami mengerahkan seluruh personel TRC untuk membantu dan memperbaiki rumah warga, karena angin puting kali ini terjadi di seluruh wilayah Kota Pangkalpinang," ujarnya.

Supardi mengatakan, angin puting beliung ini tidak hanya merusak atap rumah warga, tetapi juga merobohkan puluhan pohon pelindung di sepanjang jalan protokol dan pemukiman warga.

"Pohon tumbang ini telah menimbulkan kemacetan lalu lintas yang cukup panjang," katanya.

Ia berharap warga yang rumahnya rusak terkena angin puting beliung segera melapor untuk memudahkan petugas BPBD dan Dinas Sosila menyalurkan bantuan terpal, atap asbes, seng dan lainnya.

"Kami cukup kesulitan menyalurkan bantuan dan membantu korban bencana ini, karena minimnya informasi alamat rumah korban angin puting beliung ini," jelasnya.

 

Sumber: antara