Senin, 06 Februari 2017 18:56 WIB

Jaga Keamanan Pilgub DKI, Polda Riau Siap Kirim Bantuan Pasukan

Editor : Danang Fajar

RIAU, Tigapilarnews.com - Kepolisian Daerah Riau direncanakan akan mengirimkan bantuan tambahan personel dari satuan Brimob untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah di DKI Jakarta, yang dinilai rawan keamanannya.

"Rencananya memang demikian, semua tergantung kebutuhan dan instruksi dari atas. Mungkin bisa dua atau tiga satuan setara kompi," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau, Guntur Arya Tejo di Pekanbaru, Senin (6/2/2017).

Dia menambahkan hal itu juga melihat eskalasi dan kepentingan yang dibutuhkan. Kemudian juga melihat kekuatan personil Bantuan Kendali Operasi (BKO) seluruh polda yang ada di Indonesia.

"Berangkatnya menunggu instruksi, kesanggupan sudah dipikirkan sesuai dengan keamanan daerah. Saat ini kondisinya di Riau landai, aman, dan kondusif," ujar Guntur.

Di Riau sendiri hanya ada dua daerah yang melaksanakan pilkada yakni Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Soal keamanan, kata dia, memang ada beberapa percikan kejadian antara tim pendukung calon, namun telah berhasil diredam.

"Seperti kemarin tim pendukung ada rumahnya yang dilempari dengan batu. Itu sudah diselidiki, tinggal penegakan hukum. Tapi masih aman dan kondusif jelang Pilkada kampar dan Pekanbaru ini," ungkap Kabid Humas.

Kapolri Tito Karnavian sebelumnya menyebutkan ada tiga daerah yang agak rawan dalam pelaksanaan 101 pilkada di Indonesia. Ketiganya adalah Aceh, DKI Jakarta, dan Papua.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepolisian wilayah setempat untuk mewaspadainya. Bagi daerah yang merasa kurang, tambahan personel disiapkan jika sewaktu-waktu ada peningkatan eskalasi gangguan keamanan. Jika perlu silahkan diberitahukan dan Kapolri akan memberikan dukungan satuan atas.


0 Komentar