Rabu, 08 Februari 2017 11:38 WIB

2017, RI Prioritaskan Diplomasi Ekonomi Negara Afrika

Editor : Rajaman
Retno L Marsudi (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam pertemuan dengan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma menyampaikan, salah satu prioritas diplomasi ekonomi Indonesia pada 2017 adalah untuk meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara-negara di Afrika.

"Afrika merupakan kawasan yang memiliki potensi besar sehingga penting bagi Indonesia untuk terus meningkatkan dan memperluas kerja sama di kawasan ini, khususnya dengan Afrika Selatan," kata Retno dalam keterangan pers, Rabu (8/1/2017).

Pernyataan tersebut disampaikan Menlu RI kepada Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dalam pertemuan di kediaman resminya di Cape Town pada Senin malam waktu setempat.

Presiden Afrika Selatan menyambut baik prioritas pemerintah Indonesia terhadap kawasan Afrika. Presiden Jacob Zuma menekankan, lambatnya perekonomian dunia mengharuskan pemerintah Indonesia dan Afrika Selatan untuk mengetahui secara pasti area kerja sama yang dapat dilakukan.

Selain itu, Presiden Zuma juga menekankan perlunya Pemerintah kedua negara bekerja lebih keras mendorong para pengusaha untuk memanfaatkan berbagai peluang yang ada.

Terkait upaya peningkatan kerja sama ekonomi kedua negara, Presiden Zuma senang mendengar bahwa Menlu RI bersama Menlu Afrika akan segera menyelesaikan rencana aksi 2017-2021 mengenai area kerja sama ekonomi Indonesia-Afrika Selatan yang akan diintensifkan. Menlu juga melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Afrika Jacob Zuma sebagai utusan Presiden RI untuk menyampaikan undangan acara Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia (IORA).

"Saya menyampaikan undangan Presiden RI kepada Presiden Zuma untuk menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi IORA di Jakarta pada 7 Maret 2017," ujar Menlu Retno.

Nilai perdagangan Indonesia-Afrika Selatan pada periode Januari-Oktober 2016 mencapai 860 juta dolar AS, dengan ekspor utama Indonesia ke Afrika Selatan, antara lain kendaraan bermotor, karet, alas kaki, ban dan kertas.

Pada 2016, nilai investasi Afrika Selatan ke Indonesia sebesar 981,5 ribu dolar AS. Total jumlah investasi Afsel di Indonesia pada periode 2011-2016 mencapai 2,75 juta dolar AS, terutama di sektor pariwisata. Adapun jumlah wisatawan Afrika Selatan yang berkunjung ke Indonesia pada 2015 mencapai 25.048 orang.

sumber: antara


0 Komentar