Rabu, 08 Februari 2017 14:50 WIB

SPIN: Ikatan Batin Pemilih Prabowo di DKI Solid Dukung Anies-Sandi

Reporter : Sriyanti Lumban Gaol Editor : Hendrik Simorangkir
Direktur Survei dan Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara. (Foto: Sriyanti Lumban Gaol)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) dalam hasil surveinya mencatat bahwa pemilih Prabowo-Hatta Rajasa saat pilpres, cenderung lebih solid dibandingkan dengan pendukung Jokowi-JK.

Para pemilih Prabowo di Pilpres 2014 ternyata masih mengikuti pilihan Prabowo di Pilgub DKI 2017 yakni kepada Anies-Sandi.

"Banyaknya pemilih Jokowi yang lari memilih paslon lain, menunjukkan bahwa pemilih-pemilih tersebut tidak puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi atau kecewa dengan pilihannya di Pilpres 2014, dan ingin memperbaiki pilihannya pada Pilgub Jakarta sekarang, " ujar Direktur SPIN, Igor Dirgantara di Bakoel Coffee, Cikini, Jakarta Pusat. Rabu, (8/2/2017).

Selain itu, Igor menuturkan, banyaknya pemilih Jokowi yang tidak memilih Ahok-Djarot juga dapat dipahami, karena sebagian besar pemilih Jokowi pada Pilpres 2014 tidak mempunyai ikatan batin sekuat para pemilih Prabowo yang tetap setiap mendukung pilihan Prabowo pada Pilgub Jakarta 2017.

"Kuatnya ikatan batin para pemilih Prabowo terlihat ketika kebijakan Ahok dinilai tidak sesuai dengan perjuangan Partai Gerindra dan Prabowo Subianto," tandasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan hasil survei SPIN, pasangan Anies-Sandi memimpin dengan dengan 41,74%, kemudian disusul pasangan Ahok-Djarot 30,04% dan Agus-Sylvi 24,95%, sisanya hanya 3,27%.

Survei ini dilakukan terhadap responden sebanyak 1.102 orang pada tanggal 24-26 Februari 2017, dengan teknik multistage random sampling. Margin of error 3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Wawancara dilakukan melalui tatap muka langsung menggunakan kuisioner, sedangkan uji kualitas dilakukan melalui spot check dengan mengambil 20 persen dari total sampel.