Jumat, 10 Februari 2017 14:15 WIB

Mensos Sambut Baik Vonis Mati Terdakwa 'Gagang Cangkul'

Editor : Hendrik Simorangkir
Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa. (ist)

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa, menyambut baik vonis mati yang dijatuhkan dua terdakwa pemerkosa dan pembunuh Eno Farihah, karyawati cantik yang kemaluannya ditusuk gagang cangkul pada Mei 2016.

"Vonis yang dijatuhkan oleh hakim memberikan kepastian hukum perlindungan terhadap perempuan dan anak, dan menjamin rasa keadilan masyarakat, terutama keluarga korban," ujar Khofifah, Jumat (10/2/2017).

Menurut Mensos, apa yang dilakukan pelaku tidak bisa dipahami dengan akal sehat dan nurani seorang manusia. Karenanya, wajar jika hakim menjatuhkan vonis mati, sehingga diharapkan vonis itu dapat melahirkan efek jera dan peringatan bagi siapapun agar tidak melakukan perbuatan biadab dan keji serupa.

Diharapkan pula dengan vonis maksimal akan berkontribusi mengurangi tindak kejahatan seksual terhadap perempuan dan anak serta ke depan tidak ada lagi kasus kekerasan seksual yang menimpa kaum perempuan dan anak.

"Putusan itu juga menjadi manifestasi dari komitmen pemerintah untuk memerangi kejahatan seksual, apapun alasan dan motif yang melatarbelakanginya," jelasnya. 

Diwartakan sebelumnya, wanita yang bekerja menjadi buruh pabrik plastik PT Polyta Global Mandiri ini, menjadi korban pemerkosaan dan pembunuhan oleh Imam Hapriyadi (24) dan Rahmat Arifin (24).

Eno ditemukan tewas dalam kondisi mengenaskan di kamar mess perusahaan di Desa Jatimulya, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Mei 2016 silam.

Ketua majelis hakim, M Irfan Siregar, menjatuhkan vonis mati kepada dua terdakwa, Rahmat Arifin dan Imam Harpriadi di Pengadilan Negeri Tangerang pada Rabu, (8/2). Terdakwa lainnya yang masih di bawah umur, RAI (15), telah divonis 10 tahun penjara.