Jumat, 10 Februari 2017 16:20 WIB

TNI AL Tangkap Kapal Penyelundup di Kepri

Editor : Rajaman
TNI AL saat mengeledah kapal penyelundupan (ist)

PEKANBARU, Tigapilarnews.com - Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Kepulauan Riau menangkap satu kapal penyelundup. Kapal masuk ke perairan Indonesia dengan modus memadamkan lampu.

Komandan Lantamal IV S Irawan mengatakan kapal kayu KM Salwana Ivana I ini ditangkap tim TNI AL di wilayah perairan Teluk Jodoh, Batam, sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Kapal tersebut ditangkap tim Western Fleet Quick Response 4 Unit Jatanrasla, yang dipimpin Mayor Laut (T) Rudi Amirudin.

Dari hasil pemeriksaan, kapal itu diketahui bermuatan biji cokelat sebanyak 368 karung dengan berat sekitar 13 ton. Ada juga panci buatan Cina, alat listrik NCB, trafo, lampu, termos, piring, keramik, dan sejumlah barang dapur buatan China. Ada juga cat merek Jotun sejumlah 36 drum.

"Kita sudah mengamankan nakhoda inisial M dan dua orang lagi inisial M dan A. Modusnya mengelabui pantauan petugas kapal berlayar tanpa menggunakan navigasi sehingga menimbulkan kecurigaan," kata Irawan, Jumat (10/2/2017).

Dugaan pelanggaran dilakukan dengan memanipulasi tonase. Izinnya 6 GT, namun kapasitas kapal 25 GT. Kapal tersebut mengeluarkan barang dari kawasan FTZ tanpa dokumen pemberitahuan persetujuan pengeluaran barang untuk menghindari pembayaran pajak pertambahan nilai (PPN) 10 persen dari harga barang.

"Diduga barang-barang tersebut dibawa dari Singapura diselundupkan masuk ke wilayah Batam melalui pelabuhan tikus. Saat ini kapal untuk dibawa ke Mako Lantamal IV di Tanjungpinang," ujar Irawan.


0 Komentar