Jumat, 10 Februari 2017 23:59 WIB

AHY Akan Hadiri Aksi 112

Reporter : Arif Muhammad Ryan Editor : Yusuf Ibrahim
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), akan menghadiri salat Subuh berjamaah yang digelar sejumlah ormas Islam di Masjid Istiqlal saat aksi 112, Sabtu (11/02/2017).

"Ya, Insya Allah," ucapnya usai acara debat Pilgub DKI Jakarta putaran ketiga di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (10/02/2017).

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengimbau keras panitia dan massa aksi 112 agar tidak menyusupi janji kegiatan ibadahnya dengan kepentingan politik. Pasalnya, Tito mencium aroma politik dalam rencana aksi tersebut. 

"Masih cukup kental aroma politik dari masalah ini, kita melihat bahwa masalah keagamaan sebaiknya tidak dikaitkan dengan masalah politik," kata Tito di Mapolda Metro Jaya, Jumat (10/02/2017).

"Karena itu kita juga sudah mengimbau panitia, termasuk pengurus Masjid Istiqlal dan pengurus besar, sudah memberi warning kepada panitia untuk menggunakan Istiqlal bukan untuk kepentingan politik meski dengan bungkus keagamaan," sambung Tito.

Aroma politik yang dimaksud Tito diakuinya terendus dari pernyataan sejumlah pemuka agama, selebaran, dan media sosial. Isi kegiatan yang dimaksud berhubungan dengan Pilgub DKI Jakarta 2017.

Adapun aksi 112 yang tadinya berupa jalan kaki dan orasi dari Monas ke Bundaran HI, akhirnya disepakati menjadi kegiatan ibadah di Masjid Istiqlal.(exe)