Sabtu, 11 Februari 2017 14:19 WIB

Bencana Landa 4 Kecamatan di Sukabumi

Editor : Hermawan
Ilustrasi.

SUKABUMI, Tigapilarnews.com - Empat kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dilanda bencana alam seperti tanah longsor dan pergerakan tanah yang berada baik di wilayah utara maupun selatan.

"Empat kecamatan tersebut, yaitu Kecamatan Cisolok, Parakansalak, Palabuhanratu dan Warungkiara," kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Yana Rusyana di Sukabumi, Sabtu (11/2/2017).

Menurutnya, pada bencana tersebut tidak ada korban jiwa namun puluhan rumah warga teranca dan beberapa diantaranya rusak serta jalan penghubung tertutup material tanah yang longsor.

Seperti bencana tanah longsor yang terjadi di Kampung Cihandam, RT 04/RW 05, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok mengakibatkan jalan desa tertutup longsor sepanjang 20 meter.

Kemudian bencana serupa juga terjadi di Kampung Lebaklarang, RT07/03, Desa Sukakersa, Kecamatan Parakansalak walaupun tidak berdampak langsung kepada sarana tetapi tiga rumah terancam.

Selanjutnya bencana pergerakan tanah di Jalan Pasirgoong dan Jalan Ciawi Tali Kampung/Desa Cikadu, RT 01/05 Kecamatan Palabuhanratu mengakibatkan kersakan jalan (amblas) sepanjang 10 meter.

Terakhir bencana pergerakan tanah di Kampung Cibandi, RT 02, 03, 04, 05 dan 06, RW 03, Desa Bantarkalong, Kecamatan Warungkiara menyebabkan 36 rumah yang dihuni 119 jiwa rusak dengan rincian empat unit rusak sedang dan sisanya terancam atau rusak ringan.

"Seluruh lokasi bencana sudah kami tanggulangi yang berkoordinasi dengan unsur muspika di masing-masing kecamatan. Selain itu, bantuan pun sudah diberikan kepada warga yang menjadi korban," tambahnya.

Sementara, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi Usman Susilo mengatakan potensi bencana cukup tinggi karena hujan deras hampir sepanjang hari mengguyur.

Pihaknya juga sudah menyebarkan imbauan kepada seluruh kecamatan untuk mewaspadai terjadinya bencana alam. Apalagi seluruh kecamatan di Kabupaten Sukabumi rawan bencana.

sumber: antara