Sabtu, 11 Februari 2017 19:31 WIB

PWYP Mendesak Pemiluhan Dirut Pertamina Transparan

Reporter : Bili Achmad Editor : Rajaman
ilustrasi Pertamina (ist)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Koalisi Masyarakat Sipil untuk reformasi tata kelola energi dan industri ekstraktif, Publish What You Pay (PWYP) Indonesia mendesak pemilihan Direktur Utama (Dirut) Pertamina dilakukan secara transparan, kredibel dan bebas kepentingan.

Direktur Eksekutif Institute for Essential Service Reform PWYP, Fabby Tumiwa menyatakan pemilihan Dirut Pertamina hatus dilakukan secara transparan agar publik mengetahui calon yang terpilih memiliki track record yang benar dan kapabilitasnya terukur.

“Dirut BUMN terbesar ini harus lah benar-benar bebas dari kepentingan rente,” tegas Fabby dalam keterangan pers kepada Tigapilarnews.com, Sabtu (11/2/2017).

Lanjut Fabby, Dirut Pertamina terpilih harus berintegritas dan berkomitmen menjaga reformasi khususnya dalam pengadaan impor minyak mentah dan BBM.

Selain itu, Koordinator Nasional PWYP Indonesia, Maryati Abdullah, mengusulkan, proses pergantian Direktur Pertamina sebaiknya dilakukan melalui seleksi terbuka dengan proses fit and proper test yang ketat oleh tim seleksi independen.

Dia melanjutkan, proses yang terbuka tersebut penting untuk menepis anggapan sebagian masyarakat selama ini bahwa BUMN migas masih saja terus diintervensi oleh kepentingan kelompok kelompok tertentu yang kerap didebut sebagai “Mafia Migas”.

"Kepercayaan publik terhadap BUMN Migas harus terus ditumbuhkan, dijaga dan diperkuat," tandasnya.


0 Komentar