Rabu, 15 Februari 2017 06:42 WIB

PSG Persulit Langkah Barcelona

Editor : Yusuf Ibrahim
Angel Di Maria. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Paris Saint Germain (PSG) menempatkan satu kakinya di babak perempat final Liga Champions.

Hal ini didapat setelah jawara Ligue 1 sukses mengalahkan Barcelona dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Rabu (15/2/2017) dinihari WIB.

Dalam pertandingan ini, PSG tampil sebagai tuan rumah berhasil mendominasi jalannya laga. Meskipun secara statistik penguasaan bola mereka kalah dari Barcelona (42%-58%), namun dalam hal penempatan bola ke arah gawang, tim besutan Unai Emery ini berhasil melepaskan sembilan tembakan sementara Barcelona hanya menembakkan satu kali.

Dari sembilan kali percobaan yang dilakukan pemain PSG, empat di antaranya berhasil menggetarkan gawang Barcelona. Adalah Angel Di Maria (18' dan 55'), Julian Draxler (40'), dan Edinson Cavani (72').

Sebenarnya proses keempat gol tersebut tidak jauh berbeda. Pasalnya mereka memanfaatkan kelengahan dan rapuhnya pemain bertahan Barcelona. Seperti yang dilakukan Di Maria saat mencetak gol pada menit 55.

Berawal dari serangan balik yang cepat. Mantan pemain Manchester United dan Real Madrid itu dengan mudah masuk ke pertahanan Barcelona. 

Meskipun saat itu Di Maria mendapatkan pengawalan ketat Iniesta, namun winger Argentina itu sukses mengecoh jenderal lapangan tengah Los Blaugrana sebelum akhirnya melepaskan tendangan terukur dari luar kotak penalti.

Dengan demikian, Di Maria secara keseluruhan telah mengoleksi tujuh gol dan tiga assist dalam 14 pertandingan Liga Champions sejak bergabung dengan PSG.

Keberhasilan PSG meraih kemenangan telak di laga leg pertama ini tak lepas dari kecerdikan Emery yang menginstruksikan para pemainnya melakukan pressing ketat kepada pemain tim tamu. Alhasil, trio MSN (Messi, Suarez, dan Neymar) tak berkutik lantaran kurangnya suplai bola dari gelandang serang mereka. 

Karena setiap pemain tim tamu memegang bola hampir tiga pemain menutup pergerakannya, sehingga sulit untuk mengalirkan bola ke jantung pertahanan.

Singkat kata, hasil minor ini tentunya bakal sulit buat Barcelona merebut trofi keenamnya di Liga Champions. Mengingat mereka setidaknya harus mencetak lima gol tanpa kebobolan di leg kedua yang bakal berlangsung di Camp Nou pada 9 Maret mendatang.(exe/ist)