Rabu, 15 Februari 2017 10:53 WIB

Antisipasi Kecurangan, Anies-Sandiaga Bentuk Tim Pengawas di Tiap TPS

Reporter : Bili Achmad Editor : Hermawan
Anies Baswedan berjalan menuju kediamannya usai mencoblos di TPS 28, Jalan Lebak Bulus II, Cilandak Barat, Jaksel, Rabu (15/2/2017).

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Calon gubernur (cagub) DKI dengan jargon 'salam bersama', Anies Baswedan mengaku telah mempersiapkan tim pengawas di setiap TPS untuk mencegah tindak kecurangan pada Pilgub DKI 2017.

"Insya Allah, tim ini akan memantau segala jenis pergerakan mencurigakan untuk mencegah kecurangan," kata Anies sembari berjalan menuju kediamannya usai mencoblos di TPS 28, Jalan Lebak Bulus II, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2017).

Selain tim pengawas untuk mencegah kecurangan, Anies juga sangat berharap peran serta masyarakat untuk aktif melaporkan apabila terjadi tindak kecurangan pilkada di daeah mereka.

“Warga yang lebih tahu daretah mereka terlebih untuk tindak money politic atau warga luar yang disiaipkan untuk ikut memilih," tandas mantan Mendikbud tersebut.

Salah satu contoh peran aktif warga adalah saat terungkapnya seribuan brosur black campaign paslon nomor tiga di Jakarta Barat beberapa waktu lalu.

Menurut Anies, hal itu merupakan keajaiban kerena brosur sebanyak itu bisa terungkap sebelum disebarkan.

"Itu kalau enggak ada campur tangan Tuhan enggak akan bisa warga mampu menggagalkan aksi black campaign yang tergolong terorganisir tersebut," kata Anies.

Lebih lanjut, apapun yang terjadi Anies mengembalikan seluruh proses Pilkada DKI Jakarta 2017 kepada Allah SWT. Sebab, apapun tindak pencegahan apabila tak diimbangi dengan doa maka akan percuma.

"Kami percaya selain berikhtiar, kami juga doa, dan saya yakin pertolongan itu akan selalu ada," imbuh Anies.