Kamis, 16 Februari 2017 11:01 WIB

Kiriman Air dari Bogor, Kawasan Jakarta Timur Banjir

Reporter : Muhammad Syahputra Editor : Sandi T
Anak-anak sedang bermain banjir di kawasan Jakarta Timur. (foto: Putra)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Sejak malam hingga pagi hari ini, Kamis (16/2/2017), hujan deras terus mengguyuri kawasan Bogor, Jawa Barat. 

Hal tersebut membuat hulu Kali Ciliwung meluap lantaran debit air di Bendungan Katulampa kian meninggi sehingga mengantarkan banjir ke sejumlah wilayah di Jakarta.

Salah satu contohnya di kawasan Jakarta Timur. Persisnya di Jatinegara Barat, Kampung Pulo dan Kampung Melayu, terlihat banjir menggangu aktivitas warga sekitar.

Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatim) dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan adanya korban jiwa maupun kerugian materil dalam bencana banjir ini.

"Untuk jumlah korban Jiwa dan kerugian Materil  Masih dalam pendataan. Kronologisnya, Hujan dengan intensitas sedang serta naiknya debit Katulampa dan Depok," ujar Sutopo saat dihubungi.

Menurutnya, hingga saat ini pihaknya masih akan melakukan proses evakuasi terhadap warga yang menjadi korban. Selain itu, kata Sutopo, beberapa instansi terkait juga turut membantu. "BPBD DKI Jakarta masih melakukan pendataan," katanya.

Sementara itu, Pusdalops BPBD DKI Jakarta mengimbau masyarakat waspada dan mengambil langkah-langkah antisipasi untuk menghadapi banjir kiriman. 

Seperti halnya, peralatan penting, surat-surat berharga dan perabotan rumah tangga hendaknya ditempatkan di tempat yang lebih aman agar tidak rusak terendam banjir.

Sekedar informasi, Bendungan Katulampa saat ini sudah siaga 2. Ini merupakan kejadian yang pertama selama musim penghujan 2016/2017 sehingga dapat berpotensi banjir. 


0 Komentar