Kamis, 16 Februari 2017 12:17 WIB

KPU DKI Siap Selenggarakan Pilgub DKI 2017 Putaran Kedua

Reporter : Sriyanti Lumban Gaol Editor : Hermawan
Komisioner KPU DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Tersingkirnya pasangan urut nomor satu Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni (Agus-Sylviana) membuat babak baru dalam Pilgub DKI 2017.

Hasil buncit yang diperoleh pasangan calon usungan Partai Demokrat itu menyisakan dua pasangan calon yang akan maju dalam pilgub putaran kedua, yaitu pasangan nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot), dan pasangan urut nomor tiga Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (Anies-Sandiaga).

Komisioner KPU DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos menerangkan sampai saat ini pihaknya masih menunggu hasil resmi rekapitulasi suara di tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) melalui perhitungan secara manual.

"Putaran kedua menunggu hasil resmi. Kalau misalnya hasil resmi menyatakan tidak ada satu pun paslon yang lebih dari 50 persen, baru kami lakukan putaran kedua. Kalau tidak ada sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK), (maka putaran kedua dilaksanakan) tanggal 19 April 2017," kata Betty saat dikonfirmasi, Kamis (16/2/2017).

Untuk itu, Betty mengungkapkan KPU DKI sudah siap bilamana terjadi putaran kedua. Anggaran dan segala kebutuhan yang terkait dengan penyelenggaraan Pilgub DKI 2017 putaran kedua tersebut telah siap.

"Insya Allah sudah siap (semua). (Salah satunya) anggaran. Kami anggarkan untuk dua putaran tinggal eksekusi, kalau ada putusan MK menyatakan bahwa paslon tidak ada yang lebih dari 50 persen dan tidak bersengketa, maka kami lanjut putaran kedua. Yang ikut putaran kedua adalah paslon yang memperoleh suara terbanyak pertama dan terbanyak kedua," pungkas Betty