Minggu, 26 Februari 2017 13:00 WIB

Malaysia Ungkap Racun Penyebab Tewasnya Kim Jong-nam

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi petugas kesehatan Malaysia. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Kesehatan Malaysia mengatakan racun saraf menyebabkan kelumpuhan sangat serius yang berujung pada tewasnya Kim Jong-nam.

Saudara tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un itu diketahui diracun dengan racun saraf VX, yang masuk dalam kategori salah satu bahan kimia senjata pemusnah massal.

Subramaniam Sathasivam mengatakan temuan racun VX oleh departemen kimia negara dikonfirmasi oleh hasil otopsi rumah sakit. Hasil otopsi menyatakan bahwa zat kimia telah menyebabkan kelumpuhan sangat serius yang menyebabkan kematian dalam waktu yang sangat singkat.

"Racun VX dapat menyebabkan kematian yang sangat cepat dalam dosis yang tinggi," kata Subramaniam seperti dikutip dari Telegraph, Minggu (26/2/2017).

VX adalah racun yang sangat kuat dengan tingkat konsistensi seperti oli motor. Bahan kimia berbau itu dengan jumlah yang tidak lebih banyak dari butir garam cukup untuk membunuh seseorang.

Zat ini dapat terhirup, tertelan, atau terserap melalui kulit. Kemudian dalam hitungan beberapa detik, dapat menyebabkan berbagai gejala mulai dari penglihatan yang kabur dan sakit kepala. Paparan kemudian menimbulkan kejang-kejang, kelumpuhan, kegagalan pernapafasan dan kematian.

Kim Jong-nam tewas di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 (KLIA 2) pada 13 Februari lalu. Saat itu, ia tengah menunggu penerbangan ke Makau. Kemudian dua orang wanita menghampirinya dan salah satunya kemudian menyapukan sapu tangan ke mukanya. 

Selang beberapa menit kemudian, Jong-nam mendatangan meja informasi dan dibantu oleh seorang pegawai maskapai ia diantar menuju klinik bandara. Jong-nam tewas saat dalam perjalanan menuju ke rumah sakit.(exe/ist)


0 Komentar