Kamis, 02 Maret 2017 08:17 WIB

ISIS Terperangkap di Mosul

Editor : Yusuf Ibrahim
Pasukan gabungan Irak kuasai jalanan utama di kota Mosul. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pasukan gabungan Irak, yang dibantu oleh koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat (AS) dilaporkan berhasil mengusai jalanan utama di kota Mosul.

Ini membuat anggota ISIS terperangkap di dalam kota Mosul.  Seorang pejabat militer Irak mengatakan, pintu utama untuk memasuki bagian barat Mosul yang disebut-sebut sebagai "Gerbang Suriah" sudah berhasil sepenuhnya dikuasi Divisi 9 militer Irak sejak kemarin.

"Kami secara efektif mengontrol jalan tersebut, itu sudah di depan mata kita," kata pejabat tersebut yang berbicara dalam kondisi anonim, seperti dilansir Reuters pada Rabu (01/03/2017).

Jalan itu diketahui, jalur yang menghubungkan Mosul ke Tal Afar, basis lain dari ISIS di Irak yang bejarak 60 Km dari Mosul, dan kemudian ke perbatasan Suriah.

Pasukan Irak merebut sisi timur Mosul pada Januari lalu, setelah 100 hari dimulai operasi pembebasan Mosul. Sejak awal Februari pasukan Irak mulai berfokus untuk merebut bagian barat kota Mosul.

Jika pasukan Irak berhasil sepenuhnya merebut Mosul, maka ini akan menjadi tanda kekalahan ISIS di Irak. ISIS mulai muncul dan melancarakan aksinya di Irak sejak tahun 2014, dimana Mosul adalah kota pertama yang berhasil direbut kelompok itu.(exe/ist)


0 Komentar