Kamis, 02 Maret 2017 18:00 WIB

Pemkot Tangerang Gelontorkan Rp30 Miliar Daftar BPJS

Editor : Hendrik Simorangkir
Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dan BPJS Kesehatan telah melakukan kerjasama layanan Universal Health Coverage (UHC). (ist)

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah mengatakan, pemerintahnya menyiapkan anggaran sebesar Rp30 miliar untuk program Tangerang Sehat.

"Anggaran tersebut akan dipakai untuk menanggung biaya awal pendaftaran jaminan sosial," kata Arief, Kamis (2/3/2017) 

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dan BPJS Kesehatan telah melakukan kerjasama layanan Universal Health Coverage (UHC) milik WHO.

Dalam kerjasama tersebut, pelayanan BPJS Kesehatan tak terpusat di satu lokasi tetapi juga di puskesmas dan kantor-kantor kelurahan.

Rencananya anggaran sebesar itu akan digunakan untuk membayar biaya awal pendaftaran sebanyak 250 ribu warga Kota Tangerang dan jumlahnya masih fluktuatif.

"Data sementara, peserta BPJS Kesehatan sebesar 500 ribu jiwa. Setengahnya atau 250 ribu jiwa sudah dibiayai perusahaan masing-masing karena mereka pekerja. Sisanya ini yang kita tangani," ujarnya.

Asisten Daerah II Pemkot Tangerang, Muhtarom menjelaskan, anggaran kesehatan Kota Tangerang yang terangkum dalam program Tangerang Sehat mencapai Rp300 Miliar lebih dan sebagian dari anggaran itu digunakan untuk UHC.

Menurut Muhtarom, UHC merupakan cara Pemkot Tangerang mempermudah pelayanan di bidang jaminan sosial kesehatan kepada masyarakat.

"Pemkot Tangerang ingin memberikan kemudahan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui program ini," pungkas Muhtarom.

Program Tangerang Sehat dimulai sejak tahun 2015. Pada tahun pertama, program ini dimanfaatkan 74.854 orang. Satu tahun berikutnya atau di tahun 2016, sebanyak 436.876 orang memanfaatkan layanan kesehatan gratis tersebut.


0 Komentar