Jumat, 03 Maret 2017 10:15 WIB

Bawa Anak Kecil Saat Sidang, DPR: Ini Mencoreng Wibawa KPPU

Reporter : Bili Achmad Editor : Rajaman
Komisioner KPPU Bawa Anak Saat Sidang (dok/bili)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Anggota DPR Fraksi Golkar, Firman Soebagyo geram melihat seorang komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang sedang menyidangkan sebuah perkara membawa anaknya duduk di kursi majelis.

Bahkan ia sulit menerima secara akal sehat seorang Komisioner KPPU membawa anak kecil ke dalam ruangan persidangan saat majelis ingin mengambil keputusan, sekalipun alasannya pembantu rumah tangga tidak masuk kerja.

"Sulit diterima oleh akal sehat kalau seorang komisioner yang punya tanggung jawab besar kemudian main-main seperti ini dalam menjalakan tugas dan fungsinya di KPPU," kata Firman dalam keterangan pers kepada Tigapilarnews.com, Jumat (3/2/2017).

"Di sisi lain, DPR sedang membahas revisi UU KPPU, salah satunya poin penting yakni meminta penguatan kelembagaan. Tetapi proses belum selesai dibahas sudah dibehebohkan beredarnya foto seperti ini," tambahnya

Saat Firman mengkonfirmasi kepada Ketua KPPU Syarkawi Rauf terkait beredarnya foto itu, Syarkawi membenarkan kejadian itu. Syarkawi sudah menegur yang bersangkutan untuk tidak mengulangi perbuatannya itu.

"Sehausnya memang tidak boleh terjadi dan bagaimanapun sebagai pejabat yang harus menegakan disiplin sehingga menghormati dan menghargai institusi yang mereka pimpin. Ini malah merendahkan intitusinya sendiri," jelasnya.

Oleh karena itu, FS meminta kepada Ketua KPPU agar memberikan sanksi yang berat pada komisioner yang tidak disiplin dalam melaksanakan tugasnya itu. Ia juga berharap, komisioner yang bersangkutan diberi teguran tegas.

"Yang tidak disiplin, diberi peringatan. Kepada pejabat atau komisioner lainnya yang mengetahu hal itu tapi melakukan pembiaran dan tidak memperingatkan, patut diberi ditegur an. Ini adalah pelanggaran yang sangat serius karena menyangkut wibawa KPPU yang punya tanggungbjawab besar dalam mengadili perkara persaingan tidak sehat," jelasnya.

Firman menilai, jika ada komisioner di lembaga KPPU tidak disiplin dan profesional dalam menjalankan tugasnya. Maka sangat sulit bagi para komisioner KPPU lainnya bisa bekerja penuh rasa tanggung jawab.

"Kalau dari sisi rumah tangga masih kacau seperti ini, bagaimana seorang komisioner dapat melakukan tugas dan tanggungbjawabnya secara benar," pungkasnya.


0 Komentar