Senin, 06 Maret 2017 12:00 WIB

Ahok Minta Dinas PU Lapor Polisi Ihwal Penemuan Sampah Kulit Kabel di Gorong-gorong

Reporter : Evi Ariska Editor : Hermawan
Gulungan kulit kabel ditemukan pekerja PPSU dan petugas Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan di gorong-gorong saluran air Jalan Gatot Subroto, Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Minggu (5/3/2017).

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) enggan mengomentari masalah penemuan gulungan kulit kabel di gorong-gorong yang ditemukan oleh pekerja Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) serta petugas Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan di Jalan Gatot Subroto, Kuningan Barat, Mampang Prapatan.

"Enggak tahulah. Saya enggak komentar. Nanti lebay lagi," kata Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Senin (6/3/3017).

Mantan anggota DPR ini pun enggan menduga adanya indikasi oknum seperti yang terjadi pada tahun lalu ihwal sampah gulungan kabel di kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Namun, Ahok mengungkapkan, telah mendapt laporan dari Dinas Pekerja Umum (PU) dan Sumber Daya Air.

"Laporan dari PU sampai ada semen, pasir terus ada bongkahan bekas proyek, ada batu di dalam. Pipa-pipa juga ada. Enggak ngerti juga datangnya dari mana," ujar mantan Bupati Belitung Timur itu.

Ahok menjelaskan bahwa kabel itu bukan kepunyaan PLN. Kabel mereka tidak disimpan di kawasan tersebut.

"Bukan asal itu. Terus kamu juga kalau mencuri kabel juga kamu mesti kupas di dalam atau sekaligus kepotong. Potong bawa pergilah," ungkapnya.

Ahok pun sudah meminta PU untuk melaporkan kasus ini kepada pihak kepolisian.

"Itu saya suruh PU aja. Kalau gejalanya barang itu tidak dalam, lapor polisi saya bilang," tandasnya.

Diwartakan sebelumnya, gulungan kulit kabel ditemukan pekerja PPSU dan petugas Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan di gorong-gorong saluran air Jalan Gatot Subroto, Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Minggu (5/3/2017).

Dalam penyisiran itu, kulit kabel yang berhasil diangkut terhitung ada sebanyak satu truk dan satu gerobak motor (germor).

"Penyisiran hari ini dimulai dari gedung Capital Place hingga Museum Satria Mandala," kata  Erwin Lobo, Lurah Kuningan Barat, Minggu (5/3/2017). 

Erwin menjelaskan, penyisiran kulit kabel ini telah dimulai sejak Kamis (2/3) lalu dan melibatkan  puluhan PPSU dan PHL Suku Dinas SDA Jakarta Selatan.

"Total kulit kabel optik yang kita angkut dari gorong-gorong sejak Kamis lalu berjumlah empat truk dan dua gerobak motor," ungkapnya.

Erwin memastikan, penyisiran ini akan terus dilanjutkan hingga gorong-gorong saluran air  benar-benar terbebas dari kulit kabel optik yang menyumbat aliran air.

"Kondisi tali air di sepanjang Jalan Gatot Subroto berfungsi normal.  Aliran air terganggu karena ada sumbatan kulit kabel," tandasnya.

 

 

 

 

 


0 Komentar