Rabu, 08 Maret 2017 08:56 WIB

Peru Tarik Dubes dari Venezuela

Editor : Yusuf Ibrahim
Ricardo Luna. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah Peru telah menarik duta besarnya dari Venezuela di tengah pertikaian diplomatik kedua negara.

Pihak berwenang di Lima telah mengirimkan surat ke Caracas. Sebelumnya, selama perjalanan ke AS, Presiden Peru, Pedro Pablo Kuczynski, mengatakan Washington tidak menginvenstasikan banyak waktu di Amerika Latin seperti anjing yang berperilaku baik.

Namun ia mengatakan Venezuela adalah masalah besar. Pernyataan itu membuat marah Presiden Venezuela Nicolas Maduro, yang menyerukan Peru untuk meminta maaf pada akhir pekan lalu.

Awal pekan kemarin, Menteri Luar Negeri Venezuela, Delcy Rodriguez mengatakan Kuczynski adalah satu-satunya anjing, yang selalu mengibaskan ekornya untuk kekaisaran Amerika.

Menanggapi pernyataan itu, Menteri Luar Negeri Peru, Ricardo Luna mengatakan, negaranya tidak akan mentolerir penghinaan seperti dikutip dari BBC, Selasa (7/3/2017).

Luna juga menjelaskan pernyataan Presiden Peru yang disebutnya menggunakan metafora. Menurutnya, Presiden Peru bermaksud mengatakan Amerika Latin bukan daerah yang kontroversial seperti daerah lain.

Venezuela saat ini berada dalam tekanan. Pascapemerintah berhaluan kanan-tengah berkuasa di Brazil dan Argentina dalam beberapa bulan terakhir, Presiden Maduro semakin terisolasi di Amerika Latin.(exe/ist)


0 Komentar