Rabu, 08 Maret 2017 11:08 WIB

Pengamat: Pengangguran Jadi Salah Satu Faktor Pemicu Tawuran

Reporter : Sriyanti Lumban Gaol Editor : Hendrik Simorangkir
Ilustrasi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Aksi tawuran antara warga Jalan Manggarai dan Jalan Tambak kembali terjadi, hingga menyebabkan dua warga menjadi korban dalam aksi bentrokan tersebut.

Pengamat Sosial dan Komunikasi dari Universitas Muhammadiyah Prof. DR HAMKA (UHAMKA), Gilang Kumari Putra menuturkan terdapat beberapa faktor yang mengharuskan warga mengikuti aksi tawuran.

Pertama, faktor ekonomi, warga yang tidak memiliki pekerjaan cenderung memiliki aktivitas positif yang minim, namun kebutuhan sehari-hari terus meningkat.

"Dalam wilayah geografis Jakarta, pemukiman padat penduduk atau kumuh juga menjadi salah satu faktor. Ada masalah yang cenderung kepada mudahnya tersulut tanpa adanya pertimbangan," ujar Gilang di Jakarta, Rabu, (8/3/2017).

Lebih lanjut, Gilang menambahkan, pendidikan dan pemahaman agama yang minim juga menimbulkan masyarakat atau warga menjadi mudah terprovokasi.

"Terakhir, pengaruh narkoba dan minum-minuman keras. Jadi akal sehat mereka sudah tidak berfungsi dan hanya mengandalkan nafsu. Perlu dilihat juga lingkungannya sekitar seperti apa," tutupnya.


0 Komentar