Sabtu, 11 Maret 2017 19:43 WIB

Ketua MPR: Penggusuran Perlu Dilakukan dengan Musyawarah

Editor : Hendrik Simorangkir
Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan menyatakan ketidaksetujuannya bila ada pemerintah daerah yang melakukan penggusuran terhadap warga begitu saja dengan semena-mena tanpa adanya musyawarah terhadap warga korban yang terdampak.

Hal tersebut diungkapkannya ketika menemui korban penggusuran Bukit Duri, Kampung Aquarium, dan Kalijodo yang tinggal dan bertahan di Sekretariat Ciliwung Merdeka, Tebet, Jakarta Selatan.

"Di Pancasila tegas soal prinsip musyawarah mufakat. Maka menggusur tanpa musyawarah itu jelas bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila," ujar Zulkifli Hasan, Sabtu (11/3/2017).

Sejumlah korban seperti Nafsiyah yang berasal dari Bukit Duri, mengadukan nasibnya yang digusur tanpa ganti rugi padahal selalu membayar PBB.

Selain itu, korban penggusuran asal Kampung Aquarium, Darma Yani mempertanyakan mereka yang diusir tanpa musyawarah seakan-akan seperti musuh negara.

Ketua MPR menanggapi hal tersebut dengan menegaskan, pemimpin seharusnya berpihak kepada rakyat dan bukannya malah menindas.

"Perlakukan rakyat sebagai saudara, bukan musuh negara. Dan mengingatkan bahwa pemimpin yang diangkat telah disumpah untuk selalu taat kepada konstitusi negara," jelasnya.

 

(antara)


0 Komentar