Rabu, 15 Maret 2017 13:57 WIB

Ini Manfaat Kartu Keluarga Sejahtera Digital

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Sandi T
Sokenah, warga yang menerima KKS. (foto: Ryan S)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kementerian Sosial (Kemensos), Kelurahan Pegangsaan Dua dan PT Bank Negara Indonesia (BNI) menggelar penyaluran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (Bansos PKH) non tunai melalui sistem digital di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) H Oyar, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (15/3/2017).

Wakil Pemimpin Bidang Pemasaran Bank BNI, Singal BP Sinambela mengatakan, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dalam bentuk digital ini berguna untuk memberikan bantuan masyarakat kelas bawah atau miskin.

Dalam hal ini, warga yang ingin mendapatkan KKS tidak akan dikenakan biaya administrasi. 

"Namun syaratnya sesuai program Kemensos, harus menunjukkan kartu keluarga, KTP, dan KKS dalam bentuk yang lama," ujar Singal, di RPTRA H Oyar, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Ia menerangkan, KKS ini bisa di gunakan warga Pegangsaan Dua untuk belanja membeli beras maksimal 10kg dan gula pasir masing-masing 2kg di 10 agen yang ada di kawasan Kelapa Gading.

"Agen tersebut di antaranya e-warung dan agen lainnya. Kelebihan kartu ini juga bisa dijadikan tabungan. Namun bunga tidak ada. Jadi saldo nol pun tidak masalah," terang Singal. 

Namun, Singal menegaskan, KKS memiliki masa berlaku kartu selama 5 tahun.

"Tetapi di kartu itu juga warga mendapat bantuan pemerintah setiap bulan masuk Rp 110 ribu buat pemilik KKS. Hanya bisa di gunakan beli beras maksimal 10 kg dan gula masing-masing 2 kg," lanjut Singal. 

Sementara itu salah seorang warga Pegangsaan Rawa Indah, Sokenah (38), merasa senang lantaran dirinya dapat menerima KKS dalam bentuk digital.

"Alhamdulillah dapet rejeki sama pemerintah. Yah mudah-mudahan nih programnya menjadi bermanfaat," ungkap Sokenah. 


0 Komentar