Minggu, 19 Maret 2017 12:04 WIB

AS dan China Kerja Sama Bujuk Korut

Editor : Yusuf Ibrahim
Sekretaris Negara AS, Rex Tillerson. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Amerika Serikat (AS) dan China akan bekerja sama untuk mengambil "jalan yang berbeda" terkait senjata nuklir Korea Utara (Korut).

Demikian dikatakan Sekretaris Negara AS, Rex Tillerson, setelah bertemu dengan koleganya dari China.

"Kami berbagi pandangan secara umum dan perasaan bahwa ketegangan di Semenanjung Korea cukup tinggi sekarang dan sejumlah hal telah mencapai tingkat yang berbahaya, dan kami sudah berkomitmen untuk melakukan segala yang kami bisa untuk mencegah berbagai jenis konflik terjadi," kata Tillerson usai bertemu Menteri Luar Negeri China, Wang Yi seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (18/3/2017).

Tillerson mengungkapkan jika dirinya dan Wang telah setuju untuk bekerja sama membujuk Korut membuat koreksi saja dan menjauh dari pengembangan senjata nuklir.

Sementara Wang mengatakan keduanya memetakan sanksi resolusi PBB terhadap Korut dan menyerukan upaya untuk melanjutkan menyelesaikan negosiasi. "Tidak peduli apa yang terjadi, kita harus tetap berkomitmen untuk cara diplomatik sebagai cara untuk mencari penyelesaian damai," katanya.

Wang mengatakan ia dan Tillerson  berharap untuk menemukan cara untuk memulai kembali perundingan. "Tak satu pun dari kami yang siap untuk menyerah terhadap harapan untuk perdamaian," katanya.(exe/ist)


0 Komentar