Minggu, 19 Maret 2017 12:19 WIB

Inggris Kirim 800 Pasukan Serbu Rusia

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi pasukan Inggris. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Inggris memutuskan untuk mengerahkan 800 pasukan serbu ke perbatasan Eropa dengan Rusia. Pengerahan pasukan oleh Inggris ke dekat wilayah Rusia ini merupakan yang terbesar sejak Perang Dingin.

Lebih dari 120 pasukan Inggris sudah terbang ke Estonia untuk meningkatkan pertahanan anggota NATO itu dari ancaman serangan militer Presiden Rusia Vladimir Putin. Jumlah 800 pasukan serbu Inggris akan terakumulasi dari beberapa hari.

Ratusan pasukan serbu Inggris ini didikung oleh 300 kendaraan lapis baja termasuk tank Challenger 2.

Langkah militer Inggris ini sejatinya bagian dari operasi besar-besaran NATO di Estonia, Lithuania, Latvia dan Polandia. Tujuannya untuk memperkuat negara-negara NATO di Eropa Timur tersebut yang berbatasan dengan Rusia.

Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon mengatakan pengerahan ratusan pasukan serbu ini ini dirancang untuk melawan kekuatan Rusia yang semakin tegas.

”NATO meningkatkan komitmennya untuk pertahanan kolektif,” kata Fallon saat melepas keberangkatan ratusan pasukan serbu Inggris, seperti dikutip dari Sky News, Sabtu (18/3/2017).

“Pasukan Inggris akan memainkan peran utama di Estonia dan mendukung sekutu kami AS, di Polandia, sebagai bagian dari upaya yang lebih luas untuk membela NATO,” lanjut Fallon.(exe/ist)


0 Komentar