Minggu, 26 Maret 2017 20:32 WIB

Ditekuk Bulgaria, Danny Blind Mulai Pertimbangkan Masa Depannya

Editor : Hendrik Simorangkir
Pelatih Tim Nasional Belanda, Danny Blind. (ist)

SOFIA, Tigapilarnews.com - Pelatih tim nasional Belanda Danny Blind tengah mempertimbangkan masa depannya di timnas setelah kalah dari Bulgaria dengan skor 0-2 pada laga kualifikasi Piala Dunia zona Eropa Grup A, Minggu, (26/3/2017) pagi.

Kekalahan itu membuat Belanda kini berada di peringkat empat klasemen sementara grup dan memperberat peluang mereka lolos ke Piala Dunia 2018.

"Saya yang bertanggung jawab atas hasil itu. Saya mesti berpikir apakah masih mampu atau tidak menjadi pelatih. Tiba waktunya berkaca karena situasi tidak bisa berjalan terus seperti ini," kata Danny.

Dengan kekalahan tersebut, rekor Blind selama menangani Belanda adalah tujuh kemenangan dan tujuh kekalahan dari 17 kali penampilan.

Pada pertandingan pertamanya sebagai pelatih, Blind menyaksikan anak-anak asuhnya kalah secara mengejutkan dari Islandia dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2016.

"Saya harus jujur pada diri sendiri dan federasi KNVB. Saya bisa memperbaiki keadaan, tetapi di sisi lain lolos ke Piala Dunia di Rusia adalah sesuatu yang sulit," ujarnya.

Setelah pertandingan melawan Bulgaria, ayah pesepak bola Manchester United Daley Blind ini mendapat banyak kritikan terutama karena menurunkan bek berusia 17 tahun Matthijs de Ligt sejak menit pertama, walau minim bermain di level klub bersama Ajax Amsterdam.

De Ligt pun menjadi sorotan, sebab kesalahannya berujung pada gol pertama Bulgaria oleh Spas Delev, yang juga membuat gol kedua, di menit kelima.

"Saya mengaku terlalu dini memasukkan namanya dalam tim. Apa yang saya harapkan dari Matthijs ternyata tak terjadi dan itu sepenuhnya tanggung jawab saya. Namun, para pemain bintang di skuad juga tidak bisa memberikan kemampuan terbaiknya," pungkasnya.

Adapun kegagalan Belanda lolos ke Piala Eropa 2016 merupakan pukulan telak karena dua tahun sebelumnya mereka berhasil menjadi peringkat ketiga Piala Dunia di Brazil.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2018, Belanda baru mengoleksi tujuh poin di Grup A, dan berada di peringkat keempat di bawah Prancis (13 poin), Swedia (10) dan Bulgaria (9).

Berikutnya, Belanda bertemu dengan Italia dalam laga persahabatan, Selasa (28/3/2017). Sementara di kualifikasi Piala Dunia, Belanda akan melawan Luksemburg, Sabtu (10 Juni 2017). (ist)


0 Komentar