Senin, 27 Maret 2017 07:46 WIB

Pemprov DKI Sebut Normalisasi dengan Beton Efektif Kurangi Banjir

Editor : Hendrik Simorangkir
Teguh Hendrawan, Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kendati dikritik, Pemprov DKI nampaknya keukeuh akan melakukan betonisasi semua bantaran sungai di Jakarta. Mereka menganggap, langkah ini efektif untuk mengurangi genangan di Jakarta.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan mengatakan, telah meminta Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum mempercepat pembangunan sheet pile beton.

Teguh menuturkan, sejumlah wilayah yang masih banjir saat ini rata-rata berada di aliran sungai Ciliwung yang belum terpasang sheet Pile. Diantaranya yakni di Kampung Pulo, Bukit Duri, dan Gang Arus, Cawang, Jakarta Timur. 

"Kami sudah kordinasi dengan Kepala BBWSCC, Pak Iskandar supaya segera lakukan percepatan sheet pilenya," ujarnya, Minggu (27/3/2017) malam.

Normalisasi sungai dengan betonisasi, kata Teguh, merupakan langkah efektif menghilangkan banjir di Jakarta. Buktinya, Dari sekitar 400 genangan pada 2015, pada akhir Desember tahun lalu hanya menyisakan sekitar 80 titik genangan. 

Mantan camat Pulogadung itu berharap agar pembebasan lahan yang tengah di proses di Badan Pertanahan Nasional (BPN) cepat diselesaikan. Sebab, banyaknya pemukiman di bantaran kali menjadi kendala pengerjaan normalisasi. 

"Tahun keempat ini baru sekitar 40 persen program normalisasi. Di bukit Duri masih ada 4 RT di RW 12 dan berproses di PTUN. kemudian juga yang di gang arus, ini masih proses dalam tahap pemetaan dari BPN Jakarta Timur. Kalau angaran tidak ada masalah," pungkasnya. (ist)


0 Komentar