Sabtu, 01 April 2017 11:46 WIB

Kementan-NU Jalin Kerja Sama Bidang Pertanian

Editor : Rajaman
Amran Sulaiman (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kementerian Pertanian dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sepakat membangun pertanian di sejumlah daerah melalui organisasi di bawah ormas tersebut, seperti Fathayat, Muslimat, dan Ansor, dalam upaya menciptakan ketahanan dan swasembada pangan nasional.

"Komoditas yang akan dikerjasamakan merupakan komoditas pangan strategis, seperti jagung dan cabai. Apa saja komoditasnya tidak masalah, bawang boleh, semua komoditas strategis kita," kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam keterangan pers, Sabtu (1/4/2017).

Kerja sama tersebut disepakti oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman dengan Ketua Umum ormas Islam terbesar di Indonesia tersebut KH Said Aqil Siroj.

Amran merangkul PBNU untuk kerja sama pertanian mengingat dampaknya sudah sangat terasa di saat beberapa waktu lalu terjadi lonjakan harga sejumlah komoditas di berbagai daerah.

Dia mencontohkan bagaimana harga cabai sekarang bisa stabil karena kerja sama pihak-pihak yang terlibat dalam gerakan tanam cabai dan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang digalakkan awal tahun ini.

Sementara itu, pemimpin PBNU sendiri mengakui program pemerintah tersebut membawa dampak positif terhadap kesetabilan harga cabai saat ini.

Dampak positif tersebut justru memunculkan kekhawatiran jika harga cabai Rp40.000-Rp50.000 di pasar, sehingga harga justru meluncur ke bawah dan minta Kementan untuk menyiapkan mesin pendingin untuk menyerap cabai yang ditanam masyarakat.

Amran sempat menyikapi kondisi jagung saat ini yang harganya sedang turun akibat stok yang melimpah. Kementerian Pertanian telah berbicara dengan Gabungan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT) untuk menyerap jagung yang ada di petani dengan harga yang sudah ditetapkan pemerintah dengan harga jagung pipilan kering Rp3.150 per kilogram.

Mentan Amran berharap kerja sama dengan PBNU ini segera terealisasi. "Harapannya sebelum bulan empat sudah tanam", ujarnya.

Dengan semua elemen masyarakat PBNU yang terlibat, sehingga hal tersebut dapat menjadi solusi jangka panjang bagi pertanian Indonesia.

sumber: antara


0 Komentar