Sabtu, 01 April 2017 13:31 WIB

Menristekdikti Resmikan Gedung Fakultas Teknik Universitas Tidar

Editor : Rajaman
Mohammad Nasir (ist)

MAGELANG, Tigapilarnews.com - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meresmikan gedung fakultas teknik Universitas Tidar, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (1/4/2017).

"Pembangunan ini merupakan salah satu bentuk tata kelola yang baik dan pengawasannya juga dilakukan dengan baik," ujar Mohamad Nasir.

Mantan rektor terpilih Universitas Diponegoro itu menambahkan meski gedung tersebut memiliki empat lantai, namun bukan berarti fakultas lain tak boleh menikmati gedung tersebut.

"Gedung atau ruangan jangan dijadikan milik fakultas, tetapi milik universitas sehingga kegiatan akademik berjalan dengan baik," kata dia.

Dia menjelaskan jika gedung milik fakultas maka penggunaan ruang kelas hanya dari pagi sampai siang, selepas itu ruangan menganggur atau Idle.

Proses pembelajaran, kata dia, itu tidak boleh terhenti hanya karena tidak ada ruangan.

"Kami sudah minta agar" resources sharing" itu dilombakan oleh Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti untuk PTN, jadi intinya nanti penghematan juga akan didapatkan," tegas Nasir.

Ke depan, kata Nasir, pembangunan infrastruktur di Perguruan Tinggi Negeri akan dilakukan dengan e-programming dan e-budgeting.

"Jadi bangun sesuatu itu terencana dengan baik, tidak asal bangun, sesuai prinsip efisiensi." Rektor Universitas Tidar, Cahyo Yusuf, mengatakan pembangunan gedung fakultas teknik itu dibangun melalui tiga tahap anggaran hingga akhirnya dapat berdiri tegak.

Pembangunan gedung tersebut menelan anggaran sebesar Rp 40 miliar.

"Gedung ini segera akan dimanfaatkan untuk kegiatan akademik, untuk kegiatan belajar-mengajar. Kami meminta dosen semangat mengajar dan mahasiswa semangat belajar," kata Cahyo.

Cahyo mengatakan program studi yang ada di bawah fakultas teknik Universitas Tidar yakni S1 teknik elektro, teknik mesin, teknik sipil, dan D3 teknik otomotif.

Universitas Tidar merupakan perguruan tinggi negeri yang baru berumur tiga tahun. Sebelumnya, universitas tersebut merupakan universitas swasta dibawah Yayasan Tidar.

sumber: antara


0 Komentar