Minggu, 02 April 2017 17:40 WIB

Polisi Tangkap Penjual Obat Ilegal Asal Tiongkok

Editor : Sandi T
Ilustrasi. (ist)

PAINAN, Tigapilarnews.com - Polres Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menangkapkan seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok Huang Qingzhi (41), saat mempromosikan obat-obatan ilegal ke sebuah sekolah pada Sabtu (1/4/2017).

Kepala Satuan Intelijen Polres Pesisir Selatan, AKP Suhendri Yatno mengatakan, Qingzhi diamankan saat mempromosikan obat-obatan yang dibawanya ke Kepala Sekolah Dasar Negeri 21 Batang Kapas.

Karena curiga pihak sekolah melaporkan hal itu ke kepolisian dan tim Polres terjun ke lokasi.

"Yang bersangkutan langsung kami bawa ke kantor Polres untuk proses lebih lanjut dan kami juga berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi Padang," tutur Suhendri di Painan, Minggu (2/4/2017).

"Jika dalam perkembangannya yang bersangkutan melakukan penipuan maka ditangani kepolisian dan jika terkait dokumen tinggal akan diserahkan ke petugas Imigras," sambungnya. 

Suhendri mengungkapkan, untuk memperlancar aksinya, Qingzhi juga memperlihatkan foto bersama dengan pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Supriadi mengaku sebelumnya pernah berfoto bersama dengan Qingzhi.

"Saya memang pernah didatangi dan ia mengaku seorang dokter dan akan berkunjung ke sekolah-sekolah," kata dia.

Karena percaya pejabat tersebut memberikan daftar sekolah yang ada namun tetap merekomendasikan meminta izin ke pemerintah kabupaten setempat.

Kepala Subseksi Penindakan Imigrasi Padang, Hario Seto, mengatakan setelah dilakukan pemeriksaan Huang Qingzhi hanya memiliki izin visa bisnis kunjungan ke perusahaan.

"Yang bersangkutan jelas menyalahi izin visa yang ia kantongi, terlebih ia menjual obat yang tidak memiliki izin Kementerian Kesehatan," katanya.

sumber: antara


0 Komentar