Senin, 03 April 2017 15:17 WIB

Rapat dengan Kemenko Maritim, Plt Gubernur DKI Bahas Persiapan Mudik

Reporter : Evi Ariska Editor : Hendrik Simorangkir
Plt Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono. (Foto: Evi Ariska)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono mendatangi Kementerian Koordinator Bidang Maritim. Kedatangannya kesana tak lain guna membahas persiapan Pemprov DKI jelang Ramadhan dan usulan-usulan terobosan untuk mengurangi kemacetan pada saat mudik.

Rapat tersebut dipimpin oleh Menteri Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

"Jelang Ramadhan, pematangan 3 kali rapat, hari ini 3 April rapat pertama, rapat lagi 10 April, berikutnya 17 April, dalam rangka mengantisipasi lebaran," ujar Sumarsono di Balaikota DKI, Senin (3/4/2017).

Sumarsono menjelaskan, lebaran 2017 ini banyak konsep yang berubah dan juga banyak terobosan baru agar warga yang hendak pulang kampung dapat merasa nyaman.

Ide-ide tersebut antara lain dengan cara memperbanyak angkutan dengan harga yang murah, penambahan kapal laut, pengangkutan motor dengan kereta api secara gratis, bahkan memungkinkan diberlakukannya konsep ganjil-genap saat memasuki jalan tol.

"Ini baru konsep, belum diputuskan, sehingga nanti tol Brebes Exit bisa terkendali saat para pemudik melewatinya. Jadi itu contoh konkrit, nanti masih akan dimatangkan jauh sebelumnya. Contoh lain, seperti mudik lewat laut akan diperbanyak angkutannya, dan diberlakukan ganjil genap di tol. Itu antara lain," ungkapnya.

Sehingga sarana dan prasarana masyarakat menjadi mudah karena banyaknya pilihan dan diharapkan dapat mengurangi kemacetan.

"Namanya baru rapat awal, pengembangan wawasan belum menjadi kebijakan, menginventarisir ide-ide hanya sebagai terobosan. Yang penting besok lebaran bisa nyaman, aman, masyarakat enggak usah khawatir. Sudah diatur sekian rupa itu," pungkasnya.


0 Komentar