Senin, 03 April 2017 21:30 WIB

Menag: Indonesia Harus Terus Pelihara Toleransi

Editor : Rajaman
Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifudin. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan Indonesia harus terus menjaga nilai toleransi mengingat bangsa ini sudah dikenal sebagai bangsa yang toleran terhadap berbagai perbedaan latar belakang.

"Toleransi adalah kemauan dan kemampuan untuk menghormati perbedaan. Untuk menjaga ke-Indonesiaan dan keragaman kita, bangsa ini harus terus-menerus menjaga dan memelihara kemampuan dan kemauannya untuk bertoleransi," kata Lukman di Jakarta, Senin (3/4/2017).

Dia mengatakan nilai toleransi tersebut mampu menjaga keutuhan Indonesia hingga saat ini. Toleransi hingga saat ini harus dijaga seiring sifatnya yang dinamis terhadap lingkungan sekitar.

Kementerian Agama, kata dia, selalu berupaya mendorong agar nilai toleransi selalu dikedepankan dalam merawat keragaman di Indonesia.

Lewat berbagai saluran yang dimiliki, Kemenag terus mempromosikan inti dan substansi agama yaitu mengenai keragaman merupakan kehendak Tuhan.

Kemenag juga terus berupaya menggelar beraneka dialog antarumat beragama guna menjaga toleransi dan kerukunan.

Lukman mengakui terjadi sejumlah persoalan menyangkut kerukunan umat beragama di Indonesia. Kendati demikian, sejumlah masalah itu mampu diatasi dengan berbagai intervensi yang perlu oleh pemerintah.

Terjadinya praktik intoleransi, kata dia, harus selalu diwaspadai dan bila timbul maka harus diselesaikan sesegera mungkin.

Dalam banyak kesempatan, Lukman menyebut indeks kerukunan Indonesia yang dirilis oleh Litbang Kemenag terbilang baik terutama pada tahun 2016 yang naik menjadi 75,36 persen dari 75,47 persen pada 2015. Hal itu harus dipertahankan bahkan ditingkatkan di masa mendatang.

sumber: antara


0 Komentar