Selasa, 04 April 2017 20:51 WIB

Oesman Sapta Dilantik Sebagai Ketua DPD RI

Reporter : Muhammad Syahputra Editor : Hendrik Simorangkir
Oesman Sapta Odang Dilantik Ketua Dewan Perwakilan Daerah. (Foto: M. Syahputra)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Oesman Sapta Odang akhirnya dilantik menjadi Ketua Dewan Perwakilan Daerah dalam sidang paripurna DPD RI di Senayan, Jakarta.

Sebelumnya terjadi pro-kontra atas terpilihnya Oesman Sapta Odang dan Nono Sampono serta Damayanti Lubis sebagai ketua dan wakil ketua DPD karena adanya keputusan MA yang membatalkan masa jabatan pimpinan DPD selama 2,5 tahun.

Pelantikan pimpinan baru DPD RI tersebut berdasarkan keputusan DPD RI untuk masa jabatan periode Maret 2017 sampai dengan September 2019.

Untuk mengucap sumpah jabatan, pelantikan pimpinan DPD RI tersebut dipandu oleh wakil ketua MA, Suwardi, sesuai dengan Surat Keputusan DPD RI bernomor 45/DPD/3/2016-2017 tentang pimpinan perwakilan daerah RI periode April 2017- September 2019.

Oesman Sapta Odang atau yang akarab disapa Oso dinyatakan sebagai Ketua DPD RI, sementara Wakil Ketua DPD pertama ditempati Nono Sampono, dan Damaryanti Lubis sebagai Wakil Pimpinan DPD kedua.

"Para pimpinan DPD bersumpah, saya akan memenuhi kewajiban dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai UU dengan berpedoman kepada Pancasila, serta UUD 1945," ujar ketiganya, di Gedung Nusantara V, kompleks DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (4/4/2017).

"Saya akan menjalankan kewajiban akan bekerja sungguh-sungguh, untuk menegakan demokrasi dan mementingkan bangsa negara, daerah dan tidak mementingkan kepentingan pribadi," sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, Oso menyampaikan dengan terpilihnya pimpinan DPD yang baru, pihaknya akan memfokuskan untuk memperjuangkan kepentingan rakyat dan daerah, selain itu pihaknya juga akan menjalankan kewenangan DPD RI sesui dengan UUD 1945.

"Dengan terpilihnya kami akan bisa memperkuat kelembagaan DPD RI dan akan lebih mementingkan rakyat dan daerah," pungkas Oso. 


0 Komentar