Rabu, 05 April 2017 00:04 WIB

DPR Dorong Menpora Akhiri Kisah Pilu Kehidupan Mantan Atlet

Editor : Eggi Paksha
Sofyan Tan (kiri), Tan Joe Hok dan Asdy Narang. (foto Esa/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Indonesia banyak memiliki atlet berprestasi di pentas internasional. 

Beberpa di antaranya sukses menorehkan kemenangan atau prestasi yang mampu mengharumkan nama bangsa. Sayangnya tidak semuanya memiliki nasib baik alias hidup berkecukupan usai tidak lagi menekuni dunia olahraga.

Anggota Komisi X DPR RI asal Sumatera Utara (Sumut), Sofyan Tan menyoroti hal tersebut. Dia meminta pemerintah tidak begitu saja melupakannya.

Hal tersebut disampaikan Sofyan usai mengunjungi pebulutangkis legendaris Indonesia, Tan Joe Hok atau Hendra Kartanegara di kediamannya di Kompleks Perumahan Patra Jasa Jakarta, Senin (03/04/2017) petang.

Sofyan datang bersama rekannya sesama anggota Komisi X DPR RI dari dapil Kalimantan Tengah, Asdy Narang. Sofyan yang juga Ketua Yayasan Sultan Iskandar Muda yang bergerak di bidang pendidikan berharap pemerintah dapat memberi penghormatan yang layak kepada para pahlawan olahraga tersebut dengan memberi tunjangan perawatan kesehatan atau jaminan asuransi.

"Kita harus perjuangkan. Hal seperti ini tidak boleh lagi terulang," tegas Sofyan Tan.

Sofyan juga mengimbau pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk mendata para atlet yang pernah mengharumkan nama Indonesia di pentas olahraga internasional.

Agar tidak terulang lagi kejadian miris ada atlet harus menderita atau susah payah untuk menyambung hidup. "Saya sudah menginformasikan kepada Menpora (Imam Nahrawi). Saya berharap Pak Menteri bisa datang dan melihat dan mendengar langsung aspirasi Tan Joe Hok," ujar Sofyan.

Dalam kesmepatan tersebut, Sofyan mengungkapkan dirinya tergerak untuk mengunjungi Tan Joe Hok setelah menerima kiriman video yang menceritakan kondisi kurang baik yang sedang dihadapi juara All England 1959 sekarang ini.

"Sebagai anggota dewan dari fraksi PDIP kami ingin melihat dan mendengar langsung aspirasi masyarakat. Karena itu merupakan tugas kami selalu wakil rakyat," ungkap sosok kelahiran 25 September 1959 tersebut.(exe)

Catatan prestasi Tan Joe Hok:

Juara Piala Thomas 1958, 1961, dan 1964
Juara Kejuaraan Nasional 1956 di Surabaya
Juara All England 1959
Juara AS Terbuka 1959 dan 1960
Juara Kanada Terbuka 1959 dan 1960
Juara Asian Games 1962
Sebagai apresiasi atas torehan prestasi gemilangnya Tan Joe Hok mendapat penghargaan dari Negara Republik Indonesia Penghargaan Bintang Jasa Naraya yang disematkan Presiden Soeharto.


0 Komentar