Jumat, 07 April 2017 12:48 WIB

KRI RE Martadinata 331 Siap Jaga Perairan Indonesia

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Hendrik Simorangkir
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksmana TNI Ade Supandi, resmikan KRI RE Martadinata-331. (Foto: Ryan Suryadi)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu meresmikan KRI Raden Eddy Martadinata 331. Kapal tempur tersebut resmi masuk ke dalam jajaran TNI Angkatan Laut dan siap mengamankan wilayah perairan Indonesia.

"Puji syukur, pagi ini kita dapat meresmikan KRI RE Martadinata 331 yang telah masuk ke jajaran TNI AL dan Komandan KRI RE Martadinata 331," kata Ryamizard di Kompleks Satuan I Koarmabar Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (7/4/2017).

Ia mengatakan, masuknya KRI RE Martadinata merupakan tuntutan organisasi untuk mengantisipasi ancaman yang terjadi akibat adanya perkembangan di dunia global. Sebab, perairan Indonesia memiliki nilai strategis bagi negara-negara di dunia.

"Perairan Indonesia punya nilai strategis bagi negara-negara di dunia. Oleh karena itu dengan masuknya KRI RE Martadinata ke jajaran TNI AL dapat meningkatkan stabilitas dan mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia," ujarnya.

 KRI RE Martadinata 331

Pada kesempatan ini, Ryamizard juga memberikan pesan kepada Komandan KRI RE Martadinata dan para prajurit pengawal. Ia meminta para prajurit untuk menumbuhkan rasa bangga dan merawat KRI dengan penuh tanggung jawab.

"Ada beberapa penekanan yang ingin saya sampaikan. Pahami pengoperasian kapal secara benar, lakukan latihan secara rutin, laksanakan tugas di laut dengan sebaiknya agar kehadiran dapat menjaga kedaulatan bangsa dan menjamin aman dan nyaman seluruh kapal di Indonesia baik dari dalam dan luar negeri," ungkapnya.

KRI ini merupakan kapal pertama proyek kapal SIGMA 10514 PKR (Perusak Kawal Rudal). Kapal yang merupakan hasil proyek kerja sama Kementerian Pertahanan Indonesia melalui PT PAL dengan perusahaan kapal Belanda Damen Schiede Naval Ship Building (DSNS) yang kontraknya ditandatangani 10 Juni 2012.

Kolonel Laut (P) Agam Endrasmoro ditunjuk menjadi Komandan KRI RE Martadinata. Dalam peresmian ini, turut hadir Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Kepala Staf AAngkatan Laut (Kasal) Laksmana TNI Ade Supandi.


0 Komentar