Jumat, 07 April 2017 18:15 WIB

Rupiah Jumat Sore Melemah ke Posisi Rp 13.330

Editor : Hendrik Simorangkir
Ilustrasi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat (7/4/2017), bergerak melemah tipis sebesar dua poin menjadi Rp13.330, dibandingkan sebelumnya di posisi Rp13.328 per dolar AS.

Analis Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada mengatakan, rupiah sempat menguat pada sesi pagi, namun lajunya sedikit tertahan pada sesi sore ini menyusul antisipasi investor terhadap pertemuan Presiden AS dan Presiden Tiongkok.

"Investor berhati-hati menjelang pertemuan pemimpin kedua negara itu. Investor mengantisipasi hasil pembicaraan mengenai isu perdagangan dan geopolitik," ujar Reza.

Kendati demikian, menurut dia, pelemahan rupiah itu tertahan oleh data cadangan devisa Indonesia untuk periode Maret yang meningkat, kondisi itu menjaga fluktuasi mata uang domestik tetap stabil.

Berdasarkan data Bank Indonesia, posisi cadangan devisa Indonesia akhir Maret 2017 tercatat sebesar 121,8 miliar dolar AS, lebih tinggi dibandingkan dengan posisi akhir Februari 2017 yang sebesar 119,9 miliar dolar AS.

"Cadangan devisa yang meningkat akan menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan," katanya.

Sementara, Analis Monex Investindo Futures, Agus Chandra menjelaskan, proyeksi data upah rata-rata per jam di AS yang naik menjadi salah satu faktor penopang mata uang dolar AS.

"Proyeksi data upah AS itu memberikan sentimen positif bagi dolar AS," katanya.

Dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Jumat ini mencatat nilai tukar rupiah bergerak melemah ke posisi Rp13.341 dibandingkan hari sebelumnya (Kamis, 6/4) Rp13.327 per dolar AS.


0 Komentar