Sabtu, 08 April 2017 10:43 WIB

Penataan Taman Masjid Raya Daan Mogot Dikebut

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Hermawan
Masjid Raya Jakarta di Jalan Raya Daan Mogot, Jakarta Barat. Foto: Ryan.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Penataan taman di sepanjang jalan masuk Masjid Raya Jakarta, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, terus dilakukan.

Ditargetkan, penataan taman selesai sebelum peresmian masjid itu yang rencananya akan dilaksanakan pada 16 April 2017 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Suku Dinas Kehutanan Jakarta Barat, M Aris Firmansyah mengatakan penataan dilakukan dengan penanaman pohon dan tanaman hias di sepanjang jalan masuk Masjid Raya dan Rusunawa Pesakih.

Pengerjaannya mengerahkan sebanyak 100 petugas dan pekerja harian lepas (PHL) Sudin Kehutanan Jakarta Barat.

Aris menjelaskan penataan taman ini Sudin Kehutanan Jakarta Barat dibantu Sudin Sumber Daya Air Jakarta Barat untuk mencarikan tanah, karena beberapa lokasi masih kekurangan. 

"Sebelum tanggal 16 April 2017 penataan ini harus sudah selesai. Ada sebanyak 100 pekerja yang kami kerahkan," ujar Aris, ketika konfirmasi, Sabtu (8/4/2017).

Aris menuturkan, ada beberapa jenis pohon pelindung yang akan ditanam di sepanjang 900 meter median jalan dan trotoar. Yaitu: pohon mahoni, trembesi, tanjung, serta jenis tanaman hias seperti melati jepang, hanjuang merah, pacing, dan gandarusa putih. 

"Pohon dan tanaman ini dari kebun sendiri. Ada sebanyak 300 pohon dan 1.000 tanaman hias yang akan ditanam di sisi kiri dan kanan serta median jalan mulai dari masuk hingga menuju ke rusun," katanya. 

Aris mengungkapkan, pihaknya sebelumnya telah menanam sejumlah pohon dan tanaman hias, tapi dirusak dan dimakan kambing.

Oleh sebab itu, Sudin Kehutanan Jakarta Barat telah berkoordinasi dengan camat dan lurah, agar hewan tidak dibiarkan berkeliaran. 

"Kami sebenarnya sudah tanam, tapi dimakan kambing. Pak camat bilang sudah melakukan sosialisasi. Jadi, jika ada kambing dibiarkan berkeliaran akan ditangkap," ujarnya. 

 


0 Komentar