Selasa, 11 April 2017 08:34 WIB

Walikota Bekasi Cairkan Dana Pilkada Dua Tahap

Editor : Yusuf Ibrahim
Walikota Bekasi, Rahmat Effendi (kanan). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, akan mencairkan dana alokasi penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat 2018 dalam dua tahapan.

"Tahap awal pencairan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Bekasi tahun 2017 sebesar Rp8 miliar," kata Walikota Bekasi, Rahmat Effendi di Bekasi, Senin (10/04/2017).

Sisanya, kata dia, baru dicairkan pada 2018 sebesar Rp38 miliar akan dialokasikan melalui APBD 2018.

Kebutuhan dana itu dihitung berdasarkan usulan dari Komisi Pemilihan Umum Kota Bekasi yang disampaikan kepada Pemkot Bekasi, kebutuhan dana penyelenggaraan Pilkada Kota Bekasi 2018 mencapai Rp46 miliar.

Dana tersebut memadai untuk membiayai seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada Kota Bekasi yang berbarengan juga dengan agenda Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

Secara terpisah Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmarasandi mengatakan, pengalokasian dana sebesar Rp8 miliar pada tahun ini sudah proporsional dengan kebutuhan yang ada.

"Sudah memadai anggarannya dengan kebutuhan tahap-tahap awal Pilwalkot. Kebutuhan sangat besar itu memang tahun depan," katanya.

Anggaran sebesar Rp8 miliar tersebut, akan dipergunakan untuk membiayai tahap awal proses Pilwalkot Bekasi 2018 yang dimulai dengan pengumuman, pendaftaran, serta seleksi administrasi hingga penetapan calon.

"Adapun tahapan awal Pilwalkot Bekasi 2018 akan mulai digulirkan serentak se-Indonesia pada Agustus 2017," katanya.(exe/ist)


0 Komentar